10 Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Belajar di Kelas

Mengantuk saat belajar di kelas mungkin merupakan masalah yang dihadapi oleh banyak orang. Selain mengganggu konsentrasi, keadaan ini juga dapat membuat kita merasa tidak produktif. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari mengantuk saat belajar di kelas:

  1. Jaga asupan cairan dan makanan sehat. Pastikan untuk selalu mengonsumsi cairan yang cukup sepanjang hari, terutama saat akan belajar. Juga, hindari makan makanan yang terlalu berat atau manis sebelum belajar, karena dapat membuat Anda merasa mengantuk.
  2. Perbanyak gerakan ringan. Gerakan ringan seperti mengacak-acak rambut atau menghentakkan kaki dapat membantu menstimulasi otak dan mencegah kebosanan.
  3. Buka jendela atau pintu untuk mendapatkan udara segar. Udara segar dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan mengurangi rasa mengantuk.
  4. Lakukan peregangan atau yoga sederhana. Peregangan atau yoga sederhana dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak, sehingga dapat membantu mengurangi rasa mengantuk.
  5. Gunakan teknik pengaturan nafas. Teknik pengaturan nafas seperti pranayama dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi.
  6. Buat daftar tugas atau rencana belajar. Membuat daftar tugas atau rencana belajar dapat membantu Anda mengelola waktu dengan lebih efektif, sehingga dapat membantu mengurangi rasa mengantuk.
  7. Gunakan alat atau aplikasi pengingat. Alat atau aplikasi pengingat dapat membantu mengingatkan Anda untuk beristirahat sejenak setiap beberapa jam, sehingga dapat membantu menjaga konsentrasi.
  8. Gunakan musik atau benda yang menstimulasi indera. Mendengarkan musik atau menggunakan benda yang menstimulasi indera seperti bola anti stress dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan mengurangi rasa mengantuk.
  9. Lakukan latihan fisik atau olahraga. Latihan fisik atau olahraga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan meningkatkan mood, sehingga dapat membantu mengurangi rasa mengantuk.
  10. Beristirahat cukup di malam hari. Memastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari dapat membantu Anda merasa lebih segar dan terjaga sepanjang hari, sehingga dapat membantu mengurangi rasa mengantuk saat belajar di kelas.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda akan dapat lebih fokus dan tidak mengantuk saat belajar di kelas. Selain itu, selalu ingat untuk mengatur waktu belajar dengan baik dan beristirahat sesuai kebutuhan agar dapat lebih produktif dalam belajar.

Referensi:

Healthline. (2021). How to Stay Awake in Class. Diakses pada tanggal 6 Januari 2023 dari https://www.healthline.com/health/how-to-stay-awake-in-class

Verywell Mind. (2021). How to Stay Awake in Class. Diakses pada tanggal 6 Januari 2023 dari https://www.verywellmind.com/how-to-stay-awake-in-class-4106480