Sumatera Barat Menjadi Destinasi Kerjasama Dunia Pendidikan IAI An Nur Lampung

130

KOTA PADANG-Institut Agama Islam An Nur Lampung bekerjasama dengan Provinsi Sumatera Barat di dunia pendidikan. Melalui jalur darat Lintas Barat, team IAI An Nur Lampung yanh dipimpin langsung oleh Rektor Dr. Andi Warisno, M.Pd, menuju Kota Padang. Kunjungan tersebut dalam rangka mengembangkan peran IAI AN NUR LAMPUNG di dunia pendidikan.

Perjalanan 38 jam di Lintas Barat Sumatera, sungguh luar biasa, dibeberapa titik kami menemui tanah longsor, dan jembatan putus, namun semangat team IAI AN NUR LAMPUNG tidak surut meski merayap, akhirnya Rendang Khas asli Kota Padang menyambut kami tepat pukul 17.00 wib.

Defrinal koordinator Team Sumatera Barat, menyambut kami di Gedung DPRD Provinsi Sumatera Barat.

Antusias team Sumatera Barat terlihat luar biasa, hal ini dilihat dengan hadirnya perwakilan dari seluruh kabupaten, kota di Sumatera Barat. Seperti : Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Bukittinggi, Kota Solok, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Damasraya, Kabupaten Sijunjung, dan Kabupaten Sawahlunto.

Rektor IAI AN NUR LAMPUNG Dr. Andi Warisno, M.Pd mengatakan, kunjungan kali ini adalah menindak lanjuti pertemuan sebelumnya dari perwakilan seluruh Provinsi se-Indonesia, untuk mewujudkan membantu masyarakat untuk bisa melanjutkan Kuliah S1, S2 selanjutnya jenjang S3. “Awalnya program Kuliah Gratis mendapat tantangan berat dari jajaran staff dosen IAI AN NUR LAMPUNG, bisakah ini berjalan dengan pembebasan biaya SPP, namun pada 2016 yang lalu, saya menyatakan bisa, dan jika terjadi sampai tidak bisa membayar operasional dan gaji Dosen, maka saya yang bertanggung jawab,” tegasnya.

Lalu Rektor yang menyukai masakan khas Kota Padang Rendang tersebut, mengajak Akademisi di Sumatera Barat, untuk menyatukan semangat untuk segera mewujudkan kerjasama IAI AN NUR. “Angka kelulusan SLTA saat ini yang terserap dan masuk kuliah masih sangat jauh sekali presentasenya, nah dengan adanya IAI AN NUR di Sumatera Barat, dan program subsidi SPP Gratis, yakinlah kita akan bermanfaat untuk masyarakat ” ujarnya.

Sementara itu Muhammad Nafiz, asal Kota Padang menyambut baik kerjasama IAI AN NUR LAMPUNG dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, ” Kami harapkan program subsidi SPP gratis bisa menjangkau sampai ke pelosok kampung di Sumatera Barat ” ujarnya.

Defrinal mengatakan, saat ini team inti sebagai pengelola dan dosen Sumatera Barat sudah siap. ” Hasil koordinasi kami, saat ini ada 46 orang yang siap untuk menjalankan kerjasama dengan IAI AN NUR “. Ujarnya.

Defrinal juga mengharapkan kerjasama dan IAI AN NUR Sumatera Barat dapat segera diwujudkan. (Mujiono)