Teliti Dua PTKIS di Lampung, Ny. Nur Hidayah Sukses Raih Gelar Doktor di UIN RIL

83

Bandar Lampung-Ny. Nur Hidayah (Wakil Rektor II IAI An-Nur Lampung) berhasil melalui ujian promosi doktor (S3) di UIN Raden Intan Lampung pada Program Doktoral (S3) Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Minggu (12/08). Bertempat di lantai 2 gedung Program Pascasarjana UIN RIL,  Ny. Hidayah yang lulus dengan predikat “sangat memuaskan”.

Judul disertasi yang membawa Ny. Nur Hidayah meraih gelar doktor adalah “Pengembangan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Keagamaan Tinggi Islam Swasta (PTKIS) (Studi di Institut Agama Islam Agus Salim Metro dan Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nur Lampung).”

Bertindak sebagai anggota Tim Penguji, Prof. Dr Hj. Nirvana, M.Pd., Prof. Dr. H. Sulthan Syahril, MA., Prof. Dr. H. Deden Makbuloh, M.Ag, dan Dr. Hj. Siti Patimah, M.Pd. Tim Penguji diketuai oleh Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag, dan Dr.H.M.Akmansyah, MA. bertindak sebagai Sekretaris Sidang.

Ketertarikan Ny. Nur Hidayah (yang juga merupakan istri Rektor IAI An-Nur, Dr.H.Andi Warisno,M.MPd) untuk meneliti dua lembaga pendidikan tinggi tersebut adalah karena presentasi dosen yang tersertifikasi cukup tinggi di tingkatan perguruan tinggi swasta Lampung.

“Presentasi dosen tersertifikasi yang tinggi adalah salah satu faktor yang menarik saya untuk meneliti lebih jauh mengenai pengembangan SDM di kedua PTKIS tersebut,” jelasnya dihadapan penguji. “Ada banyak hal yang mendasari perkembangan SDM di PTKIS yang saya teliti, ada indikator kuantitatif dan kualitatif,” tambahnya.

Hasil akhir dari disertasi yang digarap Ny. Hidayah menghasilkan beberapa temuan, diantaranya: pertama, pengembangan sumber daya dosen didasarkan pada evaluasi diri dan analisis kebutuhan, penyusunan program, pelaksanaan program, melakukan evaluasi pelaksanaan, target pencapaian dan orientasi pengembangan sumberdaya dosen bagi perguruan tinggi keagamaan Islam.

Kedua, strategi pengembangan sumberdaya manusia dosen dimulai dari rekrutmen dan pembinaan/pengembangan. Ketiga, bentuk kegiatan dalam rangka pembinaan/pengembangan sumberdaya manusia dosen dan tenaga kependidikan dilaksanakan dengan baik dan sistematis sesuai standar mutu. (TM)