Ujian Komprehensif: IAI An Nur Kontrol Mutu Lulusan

87

JATI AGUNG – Sabtu, 19 Januari 2018 suasana kampus berbeda dari biasanya, IAI An Nur Lampung mengadakan ujian komprehensif serentak, semua mahasiswa yang sudah selesai melalui  tahapan perkuliahan hadir memadati kampus untuk mengikuti ujian tersebut.

Nurul Hidayati Murtafiah, M.Pd., dekan Fakultas Tarbiyah saat ditemui di ruangannya mengatakan bahwa ujian komprehensif dilaksanakan untuk mengukur tingkat penguasaan mahasiswa dalam bidang keislaman dan kependidikan sesuai dengan program studi yang ditempuh mahasiswa.

“(Ujian komprehensif) ini selain untuk menilai tingkat penguasaan mahasiswa akan bidang ilmu yang digeluti, juga menilai kemampuan mahasiswa dalam berpikir secara interdisipliner sebagai syarat untuk mengikuti ujian skripsi/tesis,” ujar Nurul. “Ini juga bagian dari usaha kampus untuk mengontrol mutu lulusan agar nantinya dapat menjalankan profesi keguruan dengan baik,” tambahnya.

Materi yang diujikan dalam ujian komprehensif mencakup keseluruhan bahan perkuliahan dan pengalaman belajar yang terintegrasi antara mata kuliah keislaman yang tergabung dalam komponen mata kuliah keilmuan keterampilan (MKKK).

Ujian komprehensif dilaksanakan dalam satu majelis terdiri 2 orang penguji yang masing-masing menguji mata kuliah keislaman dan mata kuliah keilmuan Program Studi/Konsentrasi. Ujian dilaksanakan dari pagi sekira pukul 09.00 WIB hingga sore hari (ashar).

(tomi/sohib/red)