Dosen IAI An Nur Laksanakan Ujian Tertutup Doktoral

Bandar Lampung UIN Raden Intan Lampung. Yuyun Yunita, Dosen Institut Agama Islam An Nur Lampung, sukses melalui Ujian Tertutup pada Program Doktor Pengembangan Masyarakat Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL), Selasa (24/9).

Ujian Tertutup Doktor dilaksanakan di gedung Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung. Yuyun Yunita berhasil menjawab semua pertanyaan yang diajukan tim penguji. Yuyun salah satu Dosen IAI An Nur Lampung dan Alumni S2 Pascasarjana IAIN Metro salah satu mahasiswa Program MORA Diktis Kemeterian Agama tercepat untuk saat ini, karena masih memasuki 5 semester menjadi mahasiswa sudah ujian Tertutup.

Ujian Tertutup Doktor dimulai sekitar pukul 15.00 WIB. Adapun judul disertasi yang diselesaikan oleh Yuyun Yunita adalah “Komunikasi Sosial Umat Beragama dalam Penyelesaian Konflik Perspektif Pengembangan Masyarakat di Lampung Selatan. Tim penguji ujian promosi tersebut adalah: Prof. Dr. Idham Kholid, M.Ag. (Ketua) Prof. Dr. H.Moh. Mukri, M.Ag (penguji I), Prof. Dr. H. M. Nasor, M.S.i (penguji II), Prof. Dr. H. M. A. Achlami Hs, MA, (penguji III), Dr. Fitri Yanti, MA (penguji IV), Prof. Dr. Khomsyahrial Romli, M.Si (penguji V), dan Subhan Arif, M.Ag (Sekretaris).

Kesimpulan, bahwa faktor yang paling mendasar dalam konflik antar etnis Bali dan etnis ampung di Kabupaten Lampung Selatan ini adalah faktor keberagaman karakteristik sistem sosial, pribadi masing-masing individu, kebutuhan, perasaan dan emosi, serta budaya konflik dan kekerasan. Kelima faktor tersebut adalah faktor yang memicu konflik yang akhirnya timbul sebagai konflik berskala besar yang melibatkan banyak pihak yang berkonflik. Implikasi Komunikasi Sosial Umat Beragama dalam Penyelesaian Konflik Perspektif Pengembangan Masyarakat di Lampung Selatan adalah Kenyamanan dalam Beribadah, Kualitas Kerukunan Umat Beragama, Keharmonisan dalam Bermasyarakat dan Pengembangan Nilai-nilai Sosial Praktis.

Yuyun Yunita menjelaskan dalam proses perubahan sosial, komunikasi berfungsi untuk membawa, mensosialisasikan, menyebarkan ide-ide tentang perubahan cara penyelesaian konflik perspektif pengembangan masyarakat. Komponen ide yang disebarluaskan dengan perantaraan komunikasi diikuti pula dengan komponen lain berupa cara atau sikap, dan benda sehingga berwujud kerukunan.

Alhamdulilah Ujian Tertutup sudah dilaksanakan dengan baik, Kata Abdul Mujib Doktor muda, Suami Yuyun, sekaligus Alumni S3 Manajemen Pendidikan Islam UIN Raden Intan Lampung 2018, dan Dosen IAIN Metro, Semoga Ujian Terbukanya bisa cepat dan nanti akan kita ajak penelitian Internasional, Insya Allah, itu impian nya Abdul Mujib.(AM)