Abu Bakar Muhammad bin Zakariya ar-Razi (251-313H/864-930M)

Abu Bakar Muhammad bin Zakaria ar-Razi, berasal dari Persia, lahir di Rayy pada tahun 865 M. Di dunia Barat, ia dikenal dengan panggilan ‘Ar-Razes. Ar-Razi adalah murid Ali bin Sahl Rabban aṭ-Ṭabari yang cemerlang. Setelah mempelajari matematika, astronomi, logika, sastra, dan kimia, ia memusatkan perhatiannya pada kedokteran dan filsafat. Ia menjadi seorang dokter dan filosof besar pada zamannya.

Ar-Razi sangat rajin mengkaji dan menuliskan berbagai hasil penelitiannya. Ia pernah menulis lebih dari 20.000 lembar kertas dalam setahun. Karya Ar-Razi mencapai 232 buku atau risalah dan kebanyakan dalam bidang kedokteran.

Karya tulis hasil penelitiannya yang termashur adalah Al-Ḥawī, sebuah ensiklopedi kedokteran yang terdiri dari 20 jilid. Buku ini berisi ilmu kedokteran Yunani, Arab, dan diterjemahkan ke dalam bahasa Latin pada tahun 1279 M. Sejak saat itu, buku tersebut menjadi rujukan berbagai universitas di Eropa sampai abad ke-17 M. Buku terkenal lainnya berjudul Fī al-Judarī wa al-Ḥaṣbat, membahas tentang penyakit campak dan cacar, juga diterjemahkan ke bahasa Latin. Pada tahun 1866 M, buku itu dicetak ulang yang ke-40 kalinya. Ar-Razi  wafat pada tahun 932 M di kota kelahirannya.