Adab Pergaulan Remaja Menurut Islam

Waktu selalu berputar seiring perkembangan zaman. Perputaran zaman selalu diwarnai dengan berbagai macam kisah dan masalah. Begitu pula ketika remaja menemukan zamannya. Sudah barang pasti zaman remaja akan digunakannya sesuai kepentingan remaja. Yang menjadi persoalan digunakan secara baik apa tidak. Semua kembali kepada remaja itu sendiri.

Islam mengajarkan akhlak yang mulia. Nabi Saw. diutus Allah Saw, untuk menyempurnakan akhlak manusia temasuk akhlak para remaja. Karena remaja memiliki sifat suka menentang dan memberontak, maka tidak mudah menegakkan akhlak mulia di tengah-tengah remaja. Berbahagialah para remaja yang mampu berbuat akhlakul karimah (berakhlak mulia). Allah Swt. akan lebih menyukai remaja yang berbuat kebaikan dibandingkan orang dewasa yang berbuat kebaikan.

Adab pergaulan remaja menurut Islam adalah sopan dan santun dalam pergaulan remaja yang sesuai dengan ajaran Allah Swt. dan Rasul-Nya Muhammada Saw. di mana, kapan saja, dan terhadap siapa saja sesama remaja. Adab pergaulan sesama remaja selayaknya dijaga terutama adab pergaulan dengan lawan jenis. Jadi bukan berarti sama-sama masih remaja (masih muda) lantas bergaul asal bahagia, gembira bersama tanpa batas-batas tertentu atau tanpa melaksanakan apa yang diajarkan oleh agama. Adab pergaulan remaja menurut Islam setidaknya meliputi hal-hal sebagai berikut:

  1. Menjaga sopan dan santun

Meskipun sesama remaja, dalam pergaulan tetap menjaga sopan dan satun dalam bertindak dan bertutur kata. Sikap ini cermin mau menghargai teman sesama remaja meskipun kadang berbeda pendapat. Walaupun dengan gaya ala remaja sikap sopan santun dan santun harus dijaga.

  1. Mengerti dan memahami

Sikap mengerti dan memahami perlu dibiasakan dalam pergaulan remaja. Remaja yang mau mengerti dan memahami teman sesama remaja akan terjalin persahabatan lebih lama dan harmonis sampai kapanpun. Bahkan sudah berpisahpun tetap terkenang rasa pengertian dan pemahaman di masa lampau yang sulit dilupakan begitu saja. Tentu saja mengerti dan memahami dalam kebaikan.

 

  1. Mengajak ke arah kebaikan

Mengajak ke arah kebaikan ini terutama mangajak untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. Selain itu mengajak beramal shalih sesuai kapasitasnya sebagai seorang remaja. Remaja yang baik tidak pernah lelah mengajak teman-temannya ke jalan kebaikan menuju ridha Allah Swt.

  1. Lapang dada dan suka membantu

Pergaulan remaja yang penuh warna dan liku-liku dalam bentuk gaya dan model yang beraneka ragam sangat berpotensi memancing suatu permalahan bari di kalangan remaja itu sendiri. Oleh karena itu perlu adanya sikap lapang dada dan suka membantu sesama remaja. Jika terjadi hal-hal yang kurang menyenangkan diterima dengan lapang dada (ikhlas) begitu pula jika ada yang perlu bantuan harus dibantu untuk memecahkan masalah dan mungkin bantuan dalam bentuk yang lain dalam kapasitas sebagai remaja.

  1. Berlaku jujur dan adil

Berlaku jujur dan adil sangat penting dalam pergaulan remaja. Sifat bohong akan mendatangkan masalah dan merugikan teman. Begitu pula pilih kasih terhadap teman juga akan merugikan orang lain. Remaja yang jujur pikirannya akan tenang dan jernih dan remaja yang adil sikapnya akan terarah tanpa ada sesuatu yang ditutup-tutupi. Alangkah bahagianya menjadi remaja yang jujur dan adil.

  1. Berlomba-lomba mencari ilmu

Maksudnya mampu menghidupkan semangat remaja dalam mencari ilmu terutama ilmu agama. Dari sini dapat saling mengisi satu sama lain tentang keilmuan di bidang tertentu. Dan berpeluang meraih prestasi bagi remaja bahkan dapat mendatangkan rezeki bagi remaja.