Adab Ziarah Kubur

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika ziarajh kubur antara lain :

  1. Ziarah kubur hendaknya didasari dengan niat ikhlas karena Allah SWT serta dimaksudkan untuk memperoleh rida-Nya.
  2. Hendaknya berpakaian sopan dan menutup aurat.
  3. Hendaknya mengucapkan salam kepada penghuni kubur dan mendoakan agar mereka memperoleh keselamatan serta kesejah teraan di alam kuburny, seperti yang telah diajarkan Rasulullah SAW yang artinya:“semoga keselamatan dan kesejahteraan dilimpahkan kepada kamu semua wahai penghuni alam kubur, dari kalangan oirang-orang beriman dan orang-orang islam dan sesungguhnya kami insya Allah akan menyusul serta bertemu dengan kamu semua. Kami memohon kepada Allah agar kami dan kamu semua memperoleh kesejahteraan.” (H.R. Muslim dan Ahmad)
  1. Ketika berziarah tidak boleh menginjak-injak dan duduk-duduk diatas makam serta melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak pantas, seperti kencing, meludah dan membuang sampah ke atas makam.
  2. Tidak boleh meminta tolong kepada penghuni alam kubur yang diziarahi, misalnya minta lulus ujian, minta cepat dapat jodoh, minta naik pangkat dan mohon kesembuhan dari suatu penyakit.permintaan-permintaan kepada penghuni alam kubur termasuk perbuatan syirik yang harus dihindari.