Menu Tutup

Alasan Orang Indonesia Sedikit yang Mau Wirausaha

Wirausaha adalah kegiatan menciptakan, mengelola, dan mengembangkan usaha dengan memanfaatkan peluang, sumber daya, dan risiko yang ada. Wirausaha merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, lapangan kerja, dan kesejahteraan masyarakat.

Namun, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wirausahawan di Indonesia pada tahun 2020 hanya sekitar 9 juta orang atau 3,47% dari total angkatan kerja1. Jumlah ini masih jauh di bawah negara-negara tetangga seperti Singapura (10%), Malaysia (5%), dan Thailand (4%)2.

Lalu, apa saja alasan orang Indonesia sedikit yang mau wirausaha? Berdasarkan beberapa sumber yang saya temukan di internet, berikut adalah beberapa faktor penyebabnya:

1. Sistem Pendidikan Kurang Mendukung

Salah satu alasan utama mengapa orang Indonesia sedikit yang mau wirausaha adalah karena sistem pendidikan di Indonesia kurang mendukung pengembangan jiwa kewirausahaan. Kurikulum pendidikan yang diterapkan oleh pemerintah cenderung mengarahkan para pelajar untuk mencari pekerjaan di sektor formal atau pemerintahan, bukan untuk menciptakan lapangan kerja sendiri3. Materi pendidikan yang diajarkan juga kurang memberikan dorongan mental, keterampilan, dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang wirausahawan. Sebagian besar pelajar tidak diajarkan tentang cara membuat rencana bisnis, mengelola keuangan, memasarkan produk, berinovasi, atau menyelesaikan masalah4. Akibatnya, banyak pelajar yang tidak memiliki minat, motivasi, atau kepercayaan diri untuk berwirausaha.

2. Terlalu Ambisius dan Ingin Sukses Seketika

Alasan lain mengapa orang Indonesia sedikit yang mau wirausaha adalah karena banyak orang yang terlalu ambisius dan ingin sukses seketika. Mereka tidak mau usaha yang baru dimulai tumbuh secara perlahan dan bertahap, tetapi ingin langsung mendapatkan hasil yang besar dan cepat3. Mereka juga tidak mau mengambil risiko dan menghadapi tantangan yang ada dalam dunia usaha. Mereka cenderung mudah menyerah dan putus asa jika mengalami kegagalan atau kesulitan5. Mereka tidak menyadari bahwa menjadi seorang wirausahawan membutuhkan proses belajar, beradaptasi, dan berkembang yang panjang dan terus-menerus.

3. Kurangnya Modal dan Akses Permodalan

Alasan ketiga mengapa orang Indonesia sedikit yang mau wirausaha adalah karena kurangnya modal dan akses permodalan. Modal adalah salah satu faktor penting dalam memulai dan mengembangkan usaha. Tanpa modal yang cukup, seorang wirausahawan akan kesulitan untuk membeli bahan baku, peralatan, menyewa tempat, membayar gaji karyawan, atau melakukan promosi. Namun, banyak orang Indonesia yang tidak memiliki modal sendiri atau kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal dari lembaga keuangan seperti bank atau koperasi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti persyaratan yang ketat, bunga yang tinggi, jaminan yang sulit dipenuhi, atau proses administrasi yang rumit.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa alasan mengapa orang Indonesia sedikit yang mau wirausaha. Beberapa alasan tersebut adalah sistem pendidikan kurang mendukung, terlalu ambisius dan ingin sukses seketika, serta kurangnya modal dan akses permodalan. Untuk meningkatkan jumlah wirausahawan di Indonesia, diperlukan upaya bersama dari pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga keuangan, dan masyarakat. Pemerintah perlu memberikan fasilitas, insentif, dan regulasi yang mendukung pengembangan kewirausahaan. Lembaga pendidikan perlu merevisi kurikulum dan metode pembelajaran yang dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada para pelajar. Lembaga keuangan perlu memberikan kemudahan, keringanan, dan bantuan dalam memberikan pinjaman modal kepada para wirausahawan. Masyarakat perlu mengubah mindset dan sikap yang lebih positif, kreatif, dan berani dalam berwirausaha.

Sumber:
(1) 4 Penyebab Jumlah Wirausaha di Indonesia Rendah – Sinar Blogging. https://www.sinarblogging.net/2017/11/4-penyebab-wirausaha-di-indonesia-rendah.html.
(2) PENYEBAB GENERASI MUDA SEDIKIT YANG MAU BERWIRAUSAHA – KASKUS. https://www.kaskus.co.id/thread/52fc75e840cb17b7098b45c4/penyebab-generasi-muda-sedikit-yang-mau-berwirausaha/.
(3) Wirausaha Adalah.. (Beserta 12 Tips Suksesnya) – Sribu. https://www.sribu.com/id/blog/12-sikap-yang-harus-dimiliki-pelaku-wirausaha-untuk-sukses/.
(4) Terungkap! Ini Alasan Masyarakat Masih Banyak yang Enggan Berwirausaha. https://akurat.co/terungkap-ini-alasan-masyarakat-masih-banyak-yang-enggan-berwirausaha.
(5) 3 Alasan Mengapa Indonesia Minim Entrepreneur – Success Before 30. https://successbefore30.co.id/4244-2/.

Baca Juga: