Menu Tutup

Amalan Terbaik di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan rahmat bagi umat Islam. Di bulan ini, Allah SWT melipatgandakan pahala bagi setiap amalan yang baik dan menghapuskan dosa bagi setiap amalan yang ikhlas. Oleh karena itu, bulan Ramadhan adalah kesempatan emas untuk meningkatkan kualitas ibadah dan akhlak kita sebagai hamba Allah SWT.

Namun, apa saja amalan terbaik yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan? Berikut adalah beberapa amalan yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW dan para ulama salafus shalih:

  1. Berpuasa dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah SWT. Puasa adalah ibadah wajib yang harus kita lakukan di bulan Ramadhan. Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan diri dari segala hal yang bisa membatalkan atau mengurangi pahala puasa, seperti berbohong, bergosip, marah, iri, dengki, sombong, dan lain-lain. Puasa juga harus dilakukan dengan niat yang ikhlas karena Allah SWT, bukan karena riya, takut dimarahi orang tua, atau ingin mendapat pujian dari manusia. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  2. Menyegerakan waktu berbuka puasa dan tidak menunda-nunda. Amalan ini sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW yang selalu berbuka puasa segera setelah matahari terbenam. Beliau tidak menunggu sampai adzan maghrib berkumandang atau sampai gelap gulita. Beliau juga tidak berlebih-lebihan dalam berbuka puasa, tetapi cukup dengan makanan atau minuman yang manis, seperti kurma, gula, susu, atau air hangat. Rasulullah SAW bersabda: “Manusia selalu dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  3. Perbanyak sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan. Sedekah adalah salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan mendatangkan banyak keutamaan bagi pelakunya. Sedekah bisa berupa uang, barang, makanan, minuman, pakaian, atau apapun yang bermanfaat bagi orang lain. Sedekah bisa dilakukan kapan saja dan kepada siapa saja, tetapi lebih utama jika dilakukan di bulan Ramadhan dan kepada orang-orang yang fakir miskin, yatim piatu, janda, musafir, atau orang-orang yang terkena bencana. Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah terbaik adalah sedekah di bulan Ramadhan.” (HR. Tirmidzi)
  4. Perbanyak membaca Al-Quran dan mempelajarinya. Al-Quran adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah SAW sebagai petunjuk bagi seluruh manusia. Al-Quran adalah mukjizat terbesar Rasulullah SAW dan sumber hikmah serta ilmu bagi umat Islam. Membaca Al-Quran adalah ibadah yang sangat mulia dan mendapatkan pahala besar dari Allah SWT. Apalagi jika membaca Al-Quran di bulan Ramadhan, karena bulan ini adalah bulan turunnya Al-Quran. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan.” (HR. Tirmidzi) Selain membaca Al-Quran, kita juga harus mempelajari makna dan tafs irnya agar kita bisa mengamalkan isi Al-Quran dalam kehidupan kita. Kita juga harus menghormati Al-Quran dengan cara yang baik, seperti membersihkan diri sebelum membacanya, membacanya dengan tartil dan tajwid yang benar, dan tidak menyentuhnya tanpa wudhu.
  5. Menjaga lisan dari perkataan yang tidak baik. Lisan adalah anggota tubuh yang kecil tetapi bisa menimbulkan dampak yang besar. Lisan bisa menjadi sumber kebaikan atau keburukan bagi pemiliknya. Oleh karena itu, kita harus menjaga lisan kita dari perkataan yang tidak baik, seperti dusta, fitnah, ghibah, namimah, keji, caci maki, atau perkataan yang sia-sia. Kita harus menggunakan lisan kita untuk perkataan yang baik, seperti dzikir, doa, ilmu, nasihat, atau perkataan yang bermanfaat bagi orang lain. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia berkata baik atau diam.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  6. Melaksanakan sahur sebelum subuh. Sahur adalah makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum subuh sebagai bekal untuk berpuasa. Sahur adalah sunnah Rasulullah SAW yang sangat dianjurkan dan memiliki banyak keutamaan. Sahur bisa membantu kita untuk menjalani puasa dengan lebih kuat dan sabar. Sahur juga bisa menambah pahala puasa kita dan mendapatkan doa dari para malaikat. Rasulullah SAW bersabda: “Makanlah sahur karena sesungguhnya di dalam sahur itu ada berkah.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  7. Melaksanakan sholat tarawih di malam hari. Sholat tarawih adalah sholat sunnah yang dilakukan di malam hari setelah sholat isya selama bulan Ramadhan. Sholat tarawih adalah salah satu amalan terbaik di bulan Ramadhan yang bisa mendekatkan kita kepada Allah SWT dan menghapuskan dosa-dosa kita. Sholat tarawih bisa dilakukan sendiri di rumah atau berjamaah di masjid. Jumlah rakaat sholat tarawih tidak ditentukan secara pasti, tetapi lebih utama jika mengikuti sunnah Rasulullah SAW yang sholat 11 rakaat (8 rakaat tarawih dan 3 rakaat witir). Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa sholat malam di bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Itulah beberapa amalan terbaik yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan. Semoga Allah SWT memberikan kita kemudahan dan taufik untuk melaksanakannya dengan baik dan istiqamah. Aamiin.

Baca Juga: