Menu Tutup

Apakah 2023 Honorer akan Diangkat Jadi PNS?

Pegawai honorer adalah pegawai yang bekerja di instansi pemerintah tanpa memiliki status sebagai aparatur sipil negara (ASN). Mereka biasanya mendapatkan gaji yang lebih rendah dan tidak menikmati hak-hak seperti tunjangan, pensiun, dan kesejahteraan lainnya. Namun, banyak pegawai honorer yang berharap bisa diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) agar memiliki jaminan karier dan masa depan yang lebih baik.

Namun, harapan tersebut tampaknya akan pupus pada tahun 2023 mendatang. Pasalnya, pemerintah berencana menghapus pegawai honorer mulai tahun tersebut. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PP Manajemen PPPK. Di dalam PP tersebut, diatur bahwa pegawai pemerintah dilarang mengangkat pegawai non-PNS atau tenaga honorer untuk mengisi jabatan ASN⁵.

Selain itu, PP tersebut juga menyatakan bahwa tenaga honorer atau yang disebut dengan non-PNS di instansi pemerintah melaksanakan tugas paling lama hingga 2023⁵. Dengan demikian, pada tahun 2023 nanti hanya akan ada dua kategori pekerja di instansi pemerintah, yaitu PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). PPPK adalah pegawai pemerintah yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dan memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan PNS⁵.

Meskipun demikian, pemerintah tetap membuka peluang bagi pegawai honorer untuk diangkat menjadi PNS. Namun, mereka harus mengikuti dan lulus seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang dibuka oleh pemerintah. Proses pengangkatan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 56 tahun 2012⁶. Di dalam PP tersebut, tertulis bahwa THK-II (pegawai honorer) diberikan kesempatan untuk seleksi (CPNS) satu kali⁶.

Namun, tidak semua pegawai honorer bisa mengikuti seleksi CPNS tersebut. Ada beberapa syarat dan kriteria yang harus dipenuhi oleh pegawai honorer jika ingin diangkat menjadi PNS. Syarat dan kriteria tersebut antara lain adalah⁵⁶:

– Tenaga honorer yang berusia maksimal 46 tahun dan mempunyai masa kerja 20 tahun atau lebih secara terus-menerus
– Tenaga honorer yang berusia maksimal 46 tahun dan mempunyai masa kerja 10-20 secara terus-menerus
– Tenaga honorer yang berusia maksimal 40 tahun dan mempunyai masa kerja 5-10 tahun secara terus-menerus
– Tenaga honorer yang berusia maksimal 35 tahun dan mempunyai masa kerja 1-5 tahun secara terus-menerus.

Selain itu, pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS juga diprioritaskan bagi tenaga guru, tenaga kesehatan, tenaga penyuluh pertanian/perikanan/peternakan, dan tenaga teknis yang sangat dibutuhkan pemerintah⁶.

Dengan adanya ketentuan ini, maka pegawai honorer harus bersaing dengan ribuan pelamar lainnya untuk mendapatkan formasi CPNS yang terbatas. Selain itu, mereka juga harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB) yang menjadi tahapan seleksi CPNS⁶.

Oleh karena itu, pegawai honorer harus mempertimbangkan dengan matang apakah mereka ingin tetap bekerja di instansi pemerintah atau mencari pekerjaan lain di sektor swasta. Jika mereka ingin tetap bekerja di instansi pemerintah, maka mereka harus bersiap-siap untuk mengikuti seleksi CPNS yang ketat dan kompetitif. Jika mereka ingin mencari pekerjaan lain di sektor swasta, maka mereka harus mencari peluang dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Sumber:
(1) Tenaga Honorer Ditiadakan pada 2023, Ini Syarat Pengangkatan Jadi CPNS. https://www.kompas.com/tren/read/2022/04/13/080500165/tenaga-honorer-ditiadakan-pada-2023-ini-syarat-pengangkatan-jadi-cpns.
(2) Honorer ‘Lenyap’ di 2023, Ini Syarat Pengangkatan Jadi PNS – CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20220424111823-4-334289/honorer-lenyap-di-2023-ini-syarat-pengangkatan-jadi-pns.
(3) Kabar Baik di Tengah Omicron, Honorer Bisa Jadi PNS di 2023!. https://www.cnbcindonesia.com/news/20220206133759-4-313210/kabar-baik-di-tengah-omicron-honorer-bisa-jadi-pns-di-2023.
(4) Status Tenaga Honorer Dihapus 28 November 2023, 400 Ribu Masih Terbuka Peluang Diangkat Jadi PPPK?. https://sultra.tribunnews.com/2023/06/19/status-tenaga-honorer-dihapus-28-november-2023-400-ribu-masih-terbuka-peluang-diangkat-jadi-pppk.
(5) Ini Golongan Tenaga Honorer yang Tidak Memenuhi Syarat Pengangkatan Jadi PNS dan PPPK. https://bandung.suara.com/read/2023/06/08/080000/ini-golongan-tenaga-honorer-yang-tidak-memenuhi-syarat-pengangkatan-jadi-pns-dan-pppk.
(6) Nasib 2,3 Juta Honorer Pemerintah Daerah, November 2023 Dihapus Atau Diangkat Jadi PNS dan PPPK?. https://sultra.tribunnews.com/tag/diangkat-jadi-pns.

Baca Juga: