Menu Tutup

Apakah Fresh Graduate Bisa Daftar PPPK Guru 2023? Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) adalah salah satu bentuk pengangkatan aparatur sipil negara (ASN) yang berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu antara pejabat pembina kepegawaian dengan pegawai yang bersangkutan1. PPPK memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan ASN lainnya, seperti gaji, tunjangan, dan jaminan sosial2.

Salah satu formasi PPPK yang dibuka pada tahun 2023 adalah guru. Menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim, ada sekitar 320 ribu guru yang siap diangkat sebagai ASN PPPK pada tahun 20233. Namun, apakah fresh graduate atau lulusan baru bisa mendaftar sebagai PPPK guru 2023? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Syarat dan Cara Daftar PPPK Guru 2023

Untuk mendaftar sebagai PPPK guru 2023, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon pelamar, antara lain4:

  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan jabatan yang dilamar, yaitu minimal sarjana (S1) atau diploma empat (D4) untuk guru.
  • Memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun di bidang pekerjaan yang relevan dengan jabatan yang dilamar.
  • Memiliki sertifikat kompetensi atau sertifikat profesi sesuai dengan jabatan yang dilamar.
  • Memiliki nomor registrasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran secara daring melalui laman https://sscasn.bkn.go.id.
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh instansi penerima.

Cara daftar PPPK guru 2023 adalah sebagai berikut4:

  • Mengakses laman https://sscasn.bkn.go.id dan melakukan registrasi dengan mengisi data diri dan dokumen pendukung.
  • Memilih formasi jabatan yang sesuai dengan kualifikasi dan minat.
  • Mengikuti tahapan seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), seleksi kompetensi bidang (SKB), dan wawancara.
  • Menunggu pengumuman hasil seleksi dan penetapan NIP.

Apakah Fresh Graduate Bisa Daftar PPPK Guru 2023?

Berdasarkan uraian di atas, fresh graduate atau lulusan baru tidak bisa mendaftar sebagai PPPK guru 2023 karena harus memiliki pengalaman kerja minimal selama dua tahun di bidang pekerjaan yang relevan dengan jabatan yang dilamar5. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa PPPK guru memiliki kompetensi dan kualifikasi yang memadai untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai ASN.

Namun, bagi fresh graduate yang memiliki latar belakang pendidikan sarjana pendidikan atau sertifikat pendidik, masih ada peluang untuk menjadi guru dengan status lain, seperti guru honorer atau guru swasta. Selain itu, fresh graduate juga bisa mendaftar pada formasi PPPK selain guru yang dibuka sebanyak 70 ribu tenaga dengan berbagai jabatan.

Sumber:
(1) 3 Aturan Baru PPPK Guru Tahun 2023, Ini Kata Mendikbud Nadiem – Kompas.com. https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/04/132700371/3-aturan-baru-pppk-guru-tahun-2023-ini-kata-mendikbud-nadiem.
(2) Apakah Ada Penerimaan CPNS Guru 2023 untuk Fresh Graduate? Simak Kata …. https://www.jpnn.com/news/apakah-ada-penerimaan-cpns-guru-2023-untuk-fresh-graduate-simak-kata-mas-menteri.
(3) Apakah Fresh Graduate Bisa Daftar PPPK? Ketahui Syarat dan Cara …. https://www.suara.com/news/2022/12/27/075212/apakah-fresh-graduate-bisa-daftar-pppk-ketahui-syarat-dan-cara-daftarnya.
(4) PPPK Guru Hanya Untuk yang Terdaftar di Dapodik, Bagaimana dengan …. https://www.tribunnews.com/nasional/2021/04/17/pppk-guru-hanya-untuk-yang-terdaftar-di-dapodik-bagaimana-dengan-sarjana-pendidikan-fresh-graduate.
(5) Apa PPPK Guru Dapat Diisi Fresh Graduate? Kenali Dulu Sistemnya. https://belajarpppk.com/blog/2022/03/08/apa-pppk-guru-dapat-diisi-fresh-graduate-kenali-dulu-sistemnya/.

Baca Juga: