Menu Tutup

Apakah P3K bisa naik pangkat atau golongan?

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) adalah salah satu jenis Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu. P3K memiliki beberapa perbedaan dan persamaan dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS), salah satunya terkait dengan kenaikan pangkat atau golongan.

Pangkat atau golongan adalah tingkatan jabatan yang menunjukkan kualifikasi, kompetensi, dan tanggung jawab seorang ASN. Pangkat atau golongan juga berpengaruh terhadap gaji, tunjangan, dan pengembangan karier ASN. PNS memiliki kesempatan untuk naik pangkat atau golongan ke tingkat yang lebih tinggi sesuai dengan kompetensinya dan melalui proses penilaian kinerja.

Sementara itu, P3K tidak dapat naik pangkat atau golongan ke tingkat yang lebih tinggi selama masa perjanjian kerjanya. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji, Tunjangan, dan Fasilitas Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Dalam peraturan tersebut, disebutkan bahwa gaji P3K ditetapkan berdasarkan golongan jabatan yang diisi pada saat pengangkatan pertama kali.

Meskipun tidak dapat naik pangkat atau golongan, P3K tetap bisa mendapatkan kenaikan gaji secara berkala setiap tahun berdasarkan masa kerja dan kinerja. Selain itu, P3K juga mendapatkan tunjangan-tunjangan seperti tunjangan keluarga, pangan, jabatan struktural atau fungsional, dan lain-lain. P3K juga bisa mendapatkan gaji istimewa jika memiliki prestasi yang luar biasa.

Apabila P3K ingin naik pangkat atau golongan menjadi PNS, maka harus mengikuti seleksi ulang yang diselenggarakan oleh pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Lamanya masa kerja kontrak sebagai P3K tidak menjamin bahwa pegawai tersebut bisa langsung menjadi PNS tanpa seleksi ulang. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas dan profesionalisme ASN.

Sumber:
(1) Pegawai P3K dan PNS, Ini Perbedaan dan Persamaannya. https://www.batamnews.co.id/berita-44575-pegawai-p3k-dan-pns-ini-perbedaan-dan-persamaannya.html.
(2) Apakah PPPK Bisa Naik Golongan dan Berapa Gaji PPPK S1? – Tirto.ID. https://tirto.id/apakah-pppk-bisa-naik-golongan-dan-berapa-gaji-pppk-s1-gkhR.
(3) Fakta-Fakta tentang Apakah Jabatan PPPK Bisa Naik Pangkat – BELAJARPPPK. https://belajarpppk.com/blog/2022/03/19/fakta-fakta-tentang-apakah-jabatan-pppk-bisa-naik-pangkat/.

Baca Juga: