Menu Tutup

Bagaimana Sosok Guru Masa Depan yang Ideal?

Guru adalah salah satu profesi yang sangat penting dan berpengaruh dalam dunia pendidikan. Guru tidak hanya bertugas sebagai penyampai pengetahuan, tetapi juga sebagai fasilitator, pembimbing, pelindung, dan teladan bagi siswa. Guru juga harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, terutama dalam hal teknologi dan kurikulum. Lalu, bagaimana sosok guru masa depan yang ideal? Berikut adalah beberapa poin yang dapat dijadikan acuan:

Guru Masa Depan Harus Merdeka Belajar

Merdeka belajar adalah salah satu program yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memberikan kebebasan kepada guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Guru masa depan harus mampu melihat kurikulum sebagai benda hidup yang dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan konteks siswa¹. Guru juga harus menjadi pemilik dan pengembang kurikulum itu sendiri, bukan hanya pelaksana². Dengan demikian, guru dapat menciptakan nuansa pembelajaran yang lebih nyaman, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa.

Guru Masa Depan Harus Memiliki Kompetensi Abad 21

Kompetensi abad 21 adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di era globalisasi dan digitalisasi. Beberapa kompetensi abad 21 yang harus dimiliki oleh guru masa depan adalah:

– Berpikir kritis: kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menyelesaikan masalah secara logis dan sistematis.

– Komunikatif: kemampuan untuk menyampaikan dan menerima informasi secara efektif dan efisien dengan berbagai perangkat media.

– Kreatif: kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru dan inovatif dalam menyiapkan materi ajar dan metode pembelajaran.

– Kolaboratif: kemampuan untuk bekerja sama dengan para pelaku pendidikan lainnya, baik sesama guru maupun siswa, dalam proses pembelajaran.

– Mengikuti perkembangan teknologi informasi: kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai sumber belajar dan alat bantu pembelajaran¹.

Guru Masa Depan Harus Menjadi Pembelajar Seumur Hidup

Guru masa depan harus memiliki semangat untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Guru tidak boleh berhenti belajar dan puas dengan apa yang sudah dimiliki. Guru harus selalu mencari ilmu baru dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Guru juga harus mampu merefleksikan diri dan melakukan evaluasi terhadap kinerja dan hasil pembelajaran. Dengan demikian, guru dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat²³.

Kesimpulan

Guru masa depan adalah guru yang harus peka dan tanggap dengan keadaan di sekitarnya. Guru harus berpikir kreatif dan merdeka dalam pembelajaran. Guru juga harus memiliki kompetensi abad 21 yang relevan dengan zaman. Guru juga harus menjadi pembelajar seumur hidup yang selalu belajar dan berkembang. Dengan menjadi guru masa depan yang ideal, guru dapat mencerdaskan bangsa dan membentuk generasi pembelajar sepanjang hayat.

Sumber:
(1) Apa Tugas Guru di Masa Depan? – Ruangguru. https://www.ruangguru.com/blog/apa-tugas-guru-di-masa-depan.
(2) Kemendikbud: Begini Situasi Guru Sekarang dan Arahan di Masa Depan. https://www.kompas.com/edu/read/2021/01/31/125920571/kemendikbud-begini-situasi-guru-sekarang-dan-arahan-di-masa-depan.
(3) GURU MASA DEPAN | tatamiefta. https://tatamiefta.wordpress.com/2014/12/02/guru-masa-depan/.
(4) Menjadi Guru Masa Depan yang Adaptif – Website LLDIKTI Wilayah V. https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/menjadi-guru-masa-depan-yang-adaptif.

Baca Juga: