Menu Tutup

Berapa Kali Boleh Mendaftar PPDB? Begini Penjelasannya

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) adalah proses seleksi siswa baru yang dilakukan oleh sekolah-sekolah di Indonesia setiap tahunnya. PPDB biasanya dilaksanakan secara online melalui situs resmi masing-masing provinsi atau kabupaten/kota. PPDB bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua calon siswa untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Namun, banyak calon siswa dan orang tua yang bingung tentang berapa kali boleh mendaftar PPDB. Apakah boleh mendaftar lebih dari satu sekolah? Apakah boleh mendaftar lebih dari satu jalur? Apakah boleh mendaftar ulang jika tidak lolos seleksi? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan mengacu pada ketentuan PPDB tahun 2023.

Bolehkah Mendaftar Lebih dari Satu Sekolah?

Jawabannya tergantung pada provinsi atau kabupaten/kota tempat Anda mendaftar PPDB. Setiap daerah memiliki kebijakan sendiri tentang jumlah sekolah yang boleh dipilih oleh calon siswa. Anda harus memeriksa informasi PPDB di situs resmi daerah Anda untuk mengetahui jumlah sekolah yang boleh dipilih.

Misalnya, di Provinsi DKI Jakarta, calon siswa hanya boleh memilih satu sekolah untuk setiap jenjang dan jalur pendaftaran1Sedangkan di Provinsi Jawa Tengah, calon siswa boleh memilih dua sekolah untuk setiap jenjang dan jalur pendaftaran2Di Provinsi Lampung, calon siswa boleh memilih tiga sekolah untuk setiap jenjang dan jalur pendaftaran3.

Jika Anda memilih lebih dari jumlah sekolah yang ditentukan, maka pilihan Anda akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih sekolah yang sesuai dengan kriteria dan harapan Anda.

Bolehkah Mendaftar Lebih dari Satu Jalur?

Jawabannya juga tergantung pada provinsi atau kabupaten/kota tempat Anda mendaftar PPDB. Setiap daerah memiliki kebijakan sendiri tentang jumlah jalur pendaftaran yang boleh dipilih oleh calon siswa. Anda harus memeriksa informasi PPDB di situs resmi daerah Anda untuk mengetahui jumlah jalur pendaftaran yang boleh dipilih.

Misalnya, di Provinsi DKI Jakarta, calon siswa hanya boleh memilih satu jalur pendaftaran untuk setiap jenjang1. Jalur pendaftaran yang tersedia adalah zonasi, prestasi akademik, prestasi non akademik, penyandang disabilitas, anak panti dan anak nakes yang meninggal dunia dalam penanganan Covid-19, mitra Trans Jakarta atau KPJ (yang terdaftar dalam DTKS), dan pindah tugas orang tua dan anak guru. Sedangkan di Provinsi Jawa Tengah, calon siswa boleh memilih dua jalur pendaftaran untuk setiap jenjang2. Jalur pendaftaran yang tersedia adalah zonasi, prestasi akademik, prestasi non akademik, afirmasi inklusi (penyandang disabilitas), afirmasi khusus (anak berkebutuhan khusus), afirmasi luar biasa (anak berprestasi luar biasa), dan perpindahan tugas orang tua.

Jika Anda memilih lebih dari jumlah jalur pendaftaran yang ditentukan, maka pilihan Anda akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih jalur pendaftaran yang sesuai dengan kriteria dan harapan Anda.

Bolehkah Mendaftar Ulang Jika Tidak Lolos Seleksi?

Jawabannya adalah tidak. Jika Anda tidak lolos seleksi PPDB di sekolah dan jalur pendaftaran yang Anda pilih, maka Anda tidak bisa mendaftar ulang di sekolah dan jalur pendaftaran yang sama. Anda harus menerima hasil seleksi dengan bijak dan mencari alternatif lain untuk melanjutkan pendidikan Anda.

Namun, ada beberapa provinsi atau kabupaten/kota yang menyediakan tahap kedua atau tahap ketiga PPDB untuk memberikan kesempatan bagi calon siswa yang belum mendapatkan sekolah. Tahap kedua atau tahap ketiga PPDB biasanya dilakukan setelah tahap pertama selesai dan masih ada sisa kuota di beberapa sekolah. Anda harus memeriksa informasi PPDB di situs resmi daerah Anda untuk mengetahui apakah ada tahap kedua atau tahap ketiga PPDB dan bagaimana cara mendaftarnya.

Kesimpulan

PPDB adalah proses seleksi siswa baru yang dilakukan oleh sekolah-sekolah di Indonesia setiap tahunnya. PPDB biasanya dilaksanakan secara online melalui situs resmi masing-masing provinsi atau kabupaten/kota. PPDB bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua calon siswa untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Berapa kali boleh mendaftar PPDB tergantung pada provinsi atau kabupaten/kota tempat Anda mendaftar PPDB. Setiap daerah memiliki kebijakan sendiri tentang jumlah sekolah dan jalur pendaftaran yang boleh dipilih oleh calon siswa. Anda harus memeriksa informasi PPDB di situs resmi daerah Anda untuk mengetahui jumlah sekolah dan jalur pendaftaran yang boleh dipilih.

Jika Anda tidak lolos seleksi PPDB di sekolah dan jalur pendaftaran yang Anda pilih, maka Anda tidak bisa mendaftar ulang di sekolah dan jalur pendaftaran yang sama. Anda harus menerima hasil seleksi dengan bijak dan mencari alternatif lain untuk melanjutkan pendidikan Anda. Namun, ada beberapa provinsi atau kabupaten/kota yang menyediakan tahap kedua atau tahap ketiga PPDB untuk memberikan kesempatan bagi calon siswa yang belum mendapatkan sekolah.

Sumber:
(1) SIAP PPDB Online | Provinsi DKI Jakarta. https://ppdb.jakarta.go.id/.
(2) Portal | SIAP PPDB Online. https://www.siap-ppdb.com/.
(3) PPDB Jabar 2023 | Rekap PPDB. https://ppdb.jabarprov.go.id/hasil-ppdb.

Baca Juga: