Menu Tutup

Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh: Makna dan Contohnya

Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh adalah sebuah pepatah yang mengandung makna bahwa kerjasama dan solidaritas adalah kunci keberhasilan, sedangkan perpecahan dan perselisihan adalah penyebab kegagalan. Pepatah ini sering digunakan untuk mengingatkan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan dalam berbagai bidang, baik keluarga, masyarakat, organisasi, maupun bangsa.

Makna dan Contoh

Pepatah bersatu kita teguh bercerai kita runtuh memiliki makna bahwa jika kita bersatu, kita akan memiliki kekuatan dan kemampuan untuk menghadapi berbagai tantangan dan masalah yang ada. Sebaliknya, jika kita bercerai atau terpecah belah, kita akan menjadi lemah dan mudah dikalahkan oleh musuh atau rintangan yang menghadang.

Contoh dari pepatah ini dapat dilihat dalam berbagai situasi, misalnya:

  • Dalam keluarga, jika suami istri dan anak-anak saling mencintai, menghormati, dan mendukung satu sama lain, mereka akan dapat menjalani hidup dengan bahagia dan harmonis. Namun, jika mereka sering bertengkar, bermusuhan, atau bercerai, mereka akan merasakan kesedihan, kesepian, dan kesulitan dalam mengurus rumah tangga dan anak-anak.
  • Dalam masyarakat, jika warga saling tolong menolong, gotong royong, dan menjaga kerukunan, mereka akan dapat membangun lingkungan yang aman, nyaman, dan sejahtera. Namun, jika mereka saling iri, dengki, atau bermusuhan karena perbedaan suku, agama, atau politik, mereka akan mengalami konflik, kekerasan, dan kemiskinan.
  • Dalam organisasi, jika anggota saling bekerja sama, berkomunikasi, dan berkoordinasi dengan baik, mereka akan dapat mencapai tujuan dan visi organisasi dengan efektif dan efisien. Namun, jika mereka saling bersaing, menyalahkan, atau berkhianat karena egoisme atau ambisi pribadi, mereka akan menghambat kinerja dan prestasi organisasi.
  • Dalam bangsa, jika rakyat dan pemerintah saling menghargai, mempercayai, dan mengawasi satu sama lain sesuai dengan konstitusi dan hukum yang berlaku, mereka akan dapat menjaga kedaulatan dan kesejahteraan bangsa. Namun, jika mereka saling curiga, menuduh, atau mengkhianati karena kepentingan kelompok atau asing, mereka akan melemahkan pertahanan dan kemajuan bangsa.

Pesan dan Saran

Pepatah bersatu kita teguh bercerai kita runtuh memberikan pesan dan saran kepada kita untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan dalam segala hal. Kita harus menyadari bahwa kita tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Kita harus menghargai perbedaan dan keragaman yang ada di antara kita sebagai kekayaan dan keunikan yang harus dijaga. Kita harus bersikap toleran, empatik, dan inklusif terhadap orang lain yang berbeda dari kita. Kita harus bersedia berkorban demi kepentingan bersama yang lebih besar dari kepentingan pribadi.

Dengan demikian, kita akan dapat menciptakan suasana yang kondusif untuk berkembang dan berprestasi bersama-sama. Kita akan dapat mengatasi berbagai tantangan dan masalah yang ada dengan lebih mudah dan cepat. Kita akan dapat meraih berbagai peluang dan potensi yang ada dengan lebih optimal dan maksimal. Kita akan dapat mewujudkan cita-cita dan impian kita bersama-sama.

Baca Juga: