Menu Tutup

Alternatif Bahan Pakan Ternak untuk Sapi: Dedak, PKH, Maggot, dan Kedelai

Dedak adalah limbah dari pengolahan padi menjadi beras, yang biasanya digunakan sebagai bahan pakan ternak karena kandungan gizi yang tinggi. Namun, dedak juga memiliki beberapa kelemahan, seperti kandungan serat kasar yang tinggi, senyawa fitat yang mengikat mineral dan protein, serta ketersediaan yang tergantung pada musim dan waktu pengolahan12. Oleh karena itu, peternak perlu mencari alternatif bahan pengganti dedak yang lebih efisien, murah, dan mudah didapatkan.

Berikut adalah beberapa alternatif bahan pengganti dedak untuk pakan sapi yang telah saya temukan dari hasil pencarian web:

  • Bungkil inti sawit (PKH): PKH adalah bungkil inti sawit yang dihidrolisis dengan menggunakan enzim. PKH memiliki kandungan protein sekitar 16-18 persen, energi termetabolis sekitar 1640-1890 kkal/kg, dan kandungan mineral sekitar 10-12 persen3. PKH dapat digunakan sebagai pengganti dedak dalam ransum sapi dengan dosis 5-10 persen3. PKH dapat meningkatkan produktivitas sapi dengan harga pakan yang lebih murah dan mengurangi emisi gas rumah kaca3.
  • Maggot atau larva lalat tentara hitam (Black Soldier Fly): Maggot atau larva lalat tentara hitam adalah sumber protein nabati yang dapat digunakan sebagai pengganti MBM (Meat Bone Meal) atau tepung tulang dalam ransum sapi. Maggot memiliki kandungan protein sekitar 20-25 persen, energi termetabolis sekitar 1500-1800 kkal/kg, dan kandungan kitin sekitar 30-40 persen. Kitin adalah polisakarida yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sapi terhadap penyakit dan infeksi. Maggot dapat digunakan sebagai pengganti MBM dengan dosis 5-10 persen.
  • Bungkil kedelai: Bungkil kedelai adalah bahan pakan ternak yang berasal dari kedelai atau susu kedelai. Bungkil kedelai memiliki kandungan protein sekitar 25-30 persen, energi termetabolis sekitar 1600-1700 kkal/kg, dan kandungan mineral sekitar 10-15 persen. Bungkil kedelai dapat digunakan sebagai pengganti dedak dalam ransum sapi dengan dosis 5-10 persen. Bungkil kedelai dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi daging sapi dengan harga pakan yang relatif murah.
Baca Juga:  Berapa Lama Umur Sapi yang Bisa Dijual dan Cara Meningkatkan Penjualan”

Source:
(1) Ahli Nutrisi Pakan : Ada Alternatif Bahan Pengganti Dedak, MBM dan …. https://tabloidsinartani.com/detail/indeks/ternak/15512-Ahli-Nutrisi-Pakan-Ada-Alternatif-Bahan-Pengganti-Dedak-MBM-dan-Bungkil-Kedelai.
(2) DEDAK PADI UNTUK PAKAN TERNAK – Ilmu Ternak. https://www.ilmuternak.com/2015/03/dedak-padi-untuk-pakan-ternak.html.
(3) Ahli Nutrisi Pakan : Ada Alternatif Bahan Pengganti Dedak, MBM dan …. https://dinpertanpangan.demakkab.go.id/?p=2151.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: