Ansambel Lagu Populer: Pengertian, Jenis, dan Contoh

Ansambel lagu populer adalah lagu populer yang diiringi dengan alat musik campuran yang menghasilkan musik yang harmonis. Ansambel lagu populer merupakan salah satu jenis ansambel yang digunakan untuk menciptakan sebuah lagu sehingga diminati oleh khalayak yang lebih luas. Ansambel lagu populer dibagi menjadi dua jenis, yaitu ansambel sejenis dan ansambel campuran.

Ansambel Sejenis

Ansambel sejenis adalah beberapa orang yang memainkan musik atau lagu bersama-sama dengan satu jenis alat musik yang sama. Misalnya, semua pemain musik bermain gitar, berarti disebut sebagai ansambel gitar. Jika semua bermain recorder atau pianika, berarti disebut ansambel recorder atau ansambel pianika, dan seterusnya. Menampilkan sajian musik ansambel sejenis ini diperlukan kekompakan yang baik agar sajian musiknya terdengar baik.

Contoh ansambel sejenis adalah:

– Ansambel gitar: terdiri dari beberapa pemain gitar yang memainkan melodi, ritme, dan harmoni lagu.
– Ansambel angklung: terdiri dari beberapa pemain angklung yang memainkan nada-nada berbeda untuk membentuk melodi lagu.
– Ansambel drum: terdiri dari beberapa pemain drum yang memainkan pola ritmis yang beragam untuk mengiringi lagu.

Ansambel Campuran

Ansambel campuran merupakan sajian musik yang dimainkan oleh beberapa orang pemain dengan jenis alat musik yang berbeda-beda. Dalam ansambel campuran ini akan terjalin kerja sama harmonis antara alat musik melodis yang berjalan dengan acuan pola ritmis. Misalnya, sajian musik ansambel campuran yang terdiri dari gitar, pianika, recorder dan maracas. Dalam sajian musik ansambel campuran semacam ini yang memegang peranan memainkan melodi lagu adalah recorder dan pianika yang bisa saja dibagi menjadi dua suara, kemudian gitar akan memainkan akor lagu dan maracas berfungsi sebagai ritmik lagu. Bentuk kerja sama inilah yang membuat sajian musik ansambel campuran ini menarik.

Contoh ansambel campuran adalah:

– Ansambel band: terdiri dari beberapa pemain alat musik seperti gitar, bass, drum, keyboard, dan vokal yang memainkan lagu-lagu populer.
– Ansambel gamelan: terdiri dari beberapa pemain alat musik seperti saron, bonang, kendang, gong, suling, dan rebab yang memainkan lagu-lagu tradisional.
– Ansambel jazz: terdiri dari beberapa pemain alat musik seperti piano, saxophone, trumpet, bass, drum, dan vokal yang memainkan lagu-lagu jazz.

Sumber:
(1) Jenis Ansambel Lagu Populer dan Contoh Alat Musiknya. https://www.celebrities.id/read/jenis-ansambel-lagu-populer-Y0hD28.
(2) Ansambel Lagu Populer : Jenis, Teknis & Latihan – serupa.id. https://serupa.id/ansambel-lagu-populer-jenis-teknis-latihan/.
(3) Pengertian Ansambel Lagu Populer: Ciri-Ciri, Teknik dan Contohnya. https://www.celebrities.id/read/pengertian-ansambel-lagu-populer-Q5S44D.
(4) Soal Essay Ansambel Lagu Populer Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi … – WISLAH. https://wislah.com/soal-essay-ansambel-lagu-populer-kelas-9-kurikulum-2013-revisi-beserta-jawaban/.