Menu Tutup

Apa yang dimaksud dengan formasi CPNS?

Formasi CPNS adalah jumlah dan jenis jabatan yang dibutuhkan oleh instansi pemerintah pusat atau daerah untuk diisi oleh calon pegawai negeri sipil (CPNS). Formasi CPNS ditetapkan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan anggaran masing-masing instansi, serta memperhatikan keseimbangan antara jumlah dan kualitas pegawai negeri sipil (PNS) yang ada1.

Formasi CPNS dibagi menjadi dua jenis, yaitu formasi umum dan formasi khusus. Formasi umum adalah formasi yang dapat dilamar oleh semua pelamar yang memenuhi syarat pendidikan, usia, dan persyaratan lainnya sesuai dengan jabatan yang dilamar. Formasi khusus adalah formasi yang ditujukan untuk pelamar yang memiliki kriteria tertentu, seperti penyandang disabilitas, putra/putri Papua dan Papua Barat, diaspora, atau lulusan terbaik2.

Untuk mengetahui formasi CPNS yang dibuka oleh instansi pemerintah pusat atau daerah, pelamar dapat mengakses situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) di sscasn.bkn.go.id. Di situs tersebut, pelamar dapat memilih menu “Layanan Informasi”, lalu klik “Info Lowongan”. Selanjutnya, pelamar dapat memilih jenis pengadaan “CPNS”, lalu memilih instansi yang diinginkan. Pelamar akan melihat daftar jabatan, kualifikasi, dan jumlah formasi yang tersedia untuk instansi tersebut3.

Selain melalui situs SSCASN, pelamar juga dapat mengecek formasi CPNS melalui situs resmi masing-masing instansi. Beberapa instansi telah mengumumkan formasi CPNS yang akan dibuka pada tahun 2023, seperti Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Komisi Pemberantasan Korupsi, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertahanan, dan lain-lain1. Pelamar dapat mengunjungi situs resmi instansi tersebut untuk melihat detail formasi CPNS yang ditawarkan.

Baca Juga:  Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keuntungan Usaha Ternak Sapi

Formasi CPNS merupakan salah satu informasi penting yang harus diketahui oleh pelamar sebelum mendaftar seleksi CPNS. Pelamar harus memilih formasi CPNS sesuai dengan minat, bakat, dan kompetensi yang dimiliki. Pelamar juga harus mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti tahapan seleksi CPNS, seperti seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), seleksi kompetensi bidang (SKB), dan seleksi wawancara. Dengan demikian, pelamar dapat memiliki peluang lebih besar untuk menjadi CPNS dan mengabdi kepada negara.

Sumber:

(1) Link Cek Formasi CPNS 2023 di 20 Instansi dan Cara Daftar di sscasn.bkn …. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5401415/link-cek-formasi-cpns-2023-di-20-instansi-dan-cara-daftar-di-sscasnbkngoid.
(2) Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). https://www.bkn.go.id/layanan/sscasn/.
(3) Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). https://www.bkn.go.id/layanan/sscasn/.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: