Apakah P3K bisa ikut CPNS 2023? Begini Penjelasannya

P3K atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja adalah salah satu jenis Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu. P3K memiliki hak dan kewajiban yang berbeda dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS), salah satunya adalah tidak memiliki jaminan pensiun.

Pada tahun 2023, pemerintah akan kembali membuka rekrutmen ASN melalui seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Lalu, apakah P3K bisa ikut CPNS 2023? Berikut penjelasannya.

Syarat dan Jadwal Pendaftaran CPNS 2023

Menurut Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), pendaftaran CPNS 2023 akan dibuka pada Juni 20231. Namun, jadwal tersebut masih bersifat tentatif dan bisa berubah sesuai dengan kondisi terkini.

Adapun syarat umum untuk mendaftar CPNS 2023 adalah sebagai berikut2:

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat mendaftar
  • Memiliki ijazah sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan
  • Memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 untuk lulusan D4/S1/S2/S3 dan minimal 2,50 untuk lulusan D3
  • Memiliki sertifikat kompetensi atau sertifikat profesi sesuai dengan jabatan yang dilamar
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  • Tidak berkedudukan sebagai calon atau anggota legislatif
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh instansi yang membuka formasi
Baca Juga:  Apa Beda nya PNS dan P3K?

Formasi dan Kualifikasi CPNS 2023

Formasi CPNS 2023 akan ditetapkan berdasarkan kebutuhan instansi pemerintah pusat dan daerah. Saat ini, KemenPANRB masih melakukan validasi terkait jumlah dan jenis jabatan yang diajukan oleh masing-masing instansi1.

Namun, beberapa formasi yang dipastikan akan dibuka adalah hakim, jaksa, dosen, agen, dan tenaga teknis tertentu lainnya2. Selain itu, pemerintah juga akan fokus membuka kesempatan rekrutmen data scientist dan talenta digital secara terukur3.

Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan untuk masing-masing jabatan akan disesuaikan dengan standar kompetensi yang ditetapkan oleh instansi. Biasanya, jabatan fungsional membutuhkan lulusan sarjana (S1), seperti analis kebijakan, pranata humas, dan sebagainya1.

Peluang P3K untuk Ikut CPNS 2023

Menjawab pertanyaan apakah P3K bisa ikut CPNS 2023, jawabannya adalah bisa. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja4.

Dalam pasal 41 ayat (1) disebutkan bahwa PPPK dapat mengikuti seleksi menjadi PNS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dalam pasal 41 ayat (2) disebutkan bahwa PPPK yang lulus seleksi menjadi PNS diangkat menjadi PNS dengan masa kerja sama dengan masa kerja sebagai PPPK.

Namun, P3K yang ingin ikut CPNS 2023 harus memenuhi syarat dan persyaratan yang ditetapkan oleh instansi yang membuka formasi. Selain itu, P3K juga harus bersaing dengan pelamar lain yang berasal dari lulusan baru, honorer, maupun swasta.

Baca Juga:  Hanya Bisa Pilih Satu Formasi CPNS, Ini yang Harus Anda Ketahui

Kesimpulan

P3K bisa ikut CPNS 2023 asalkan memenuhi syarat dan persyaratan yang ditetapkan oleh instansi yang membuka formasi. Pendaftaran CPNS 2023 rencananya akan dibuka pada Juni 2023, namun jadwal tersebut masih bisa berubah. Formasi CPNS 2023 akan ditetapkan berdasarkan kebutuhan instansi pemerintah pusat dan daerah, dengan fokus pada data scientist dan talenta digital.

Sumber:
(1) Pengumuman! Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka Juni 2023 … – detikFinance. https://finance.detik.com/cpns/d-6714669/pengumuman-pendaftaran-cpns-dan-pppk-dibuka-juni-2023-ini-progresnya.
(2) Lowongan CPNS dan PPPK 2023 Dibuka, Ini Daftar Formasinya. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5161632/lowongan-cpns-dan-pppk-2023-dibuka-ini-daftar-formasinya.
(3) Penerimaan CPNS dan P3K 2023 Segera Dibuka, Ini Daftar … – Ayobogor. https://www.ayobogor.com/umum/pr-316395459/penerimaan-cpns-dan-p3k-2023-segera-dibuka-ini-daftar-formasi-yang-jadi-prioritas.
(4) Viral Informasi Jadwal Pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK Mulai Juni …. https://kupang.tribunnews.com/2023/01/27/viral-informasi-jadwal-pendaftaran-cpns-2023-dan-pppk-mulai-juni-berikut-faktanya.