Menu Tutup

Bentuk Bentuk Konflik Sosial, Apa Saja?

Konflik sosial adalah suatu proses sosial antara dua orang atau lebih, yang salah satu pihak berusaha ingin menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya1. Konflik sosial dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti perbedaan antarperorangan, perbedaan kebudayaan, perbedaan kepentingan, dan perubahan sosial2. Konflik sosial dapat membawa dampak negatif maupun positif bagi masyarakat. Dampak negatifnya antara lain adalah kerusakan fisik, psikis, dan sosial, serta hilangnya rasa kepercayaan dan solidaritas. Dampak positifnya antara lain adalah mendorong perubahan dan kemajuan, meningkatkan kreativitas dan inovasi, serta memperkuat identitas dan kesadaran2.

Konflik sosial dapat diklasifikasikan menjadi beberapa bentuk berdasarkan sudut pandang yang berbeda-beda. Menurut Soerjono Soekanto, ada lima bentuk konflik sosial yang terjadi dalam masyarakat, yaitu konflik pribadi, konflik politik, konflik rasial, konflik antarkelas sosial, dan konflik yang bersifat internasional1. Menurut Ralf Dahrendorf, ada empat bentuk konflik sosial, yaitu konflik antara atau yang terjadi dalam peranan sosial (konflik peran), konflik antara kelompok-kelompok yang berbeda (konflik kelompok), konflik antara kelas-kelas yang berbeda (konflik kelas), dan konflik antara negara-negara yang berbeda (konflik internasional)3.

Konflik Pribadi

Konflik pribadi adalah konflik yang terjadi di antara individu yang disebabkan karena masalah pribadi. Masalah tersebut terjadi karena adanya perbedaan cara pandang antarindividu terkait persoalan yang sama1. Contoh dari konflik pribadi adalah perselisihan antara suami istri, pertengkaran antara saudara kandung, atau persaingan antara teman sekerja.

Konflik Politik

Konflik politik adalah konflik yang terjadi akibat adanya kepentingan atau tujuan politis yang berbeda antara seseorang atau kelompok. Hal ini bisa dilihat dari perbedaan pandangan antarpartai politik karena perbedaan ideologi, asas perjuangan, dan kepentingan politik masing-masing1. Contoh dari konflik politik adalah demonstrasi menentang pemerintah, pemilihan umum yang tidak jujur, atau kudeta militer.

Baca Juga:  Mengenal Konsep Solidaritas Sosial Mekanik dan Organik Menurut Emile Durkheim

Konflik Rasial

Konflik rasial adalah konflik yang terjadi di antara kelompok ras yang berbeda karena adanya kepentingan dan kebudayaan yang saling berbenturan1. Konflik rasial biasanya disertai dengan diskriminasi, stereotip, prasangka, dan kekerasan. Contoh dari konflik rasial adalah apartheid di Afrika Selatan, segregasi di Amerika Serikat, atau genosida di Rwanda.

Konflik Antarkelas Sosial

Konflik antarkelas sosial adalah konflik yang muncul karena adanya perbedaan kepentingan di antara kelas-kelas yang ada di masyarakat1. Konflik ini berkaitan dengan distribusi sumber daya, kesempatan, hak, dan kewajiban yang tidak merata. Contoh dari konflik antarkelas sosial adalah mogok kerja buruh untuk menuntut kenaikan upah, gerakan reformasi agraria untuk merebut tanah dari tuan tanah, atau revolusi sosialis untuk menggulingkan kapitalisme.

Konflik Yang Bersifat Internasional

Konflik yang bersifat internasional adalah konflik yang melibatkan beberapa negara atau kelompok negara karena perbedaan kepentingan masing-masing negara1. Konflik ini dapat berupa perang, sanksi, blokade, atau intervensi. Contoh dari konflik yang bersifat internasional adalah Perang Dunia I dan II, Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet, atau Perang Saudara Suriah.

Konflik Peran

Konflik peran adalah suatu keadaan di mana individu menghadapi berbagai ekspektasi yang berlawanan dari bermacam-macam peranan yang dimilikinya di masyarakat3. Konflik peran dapat terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara peranan yang diharapkan dengan peranan yang dijalankan, antara peranan yang satu dengan peranan yang lain, atau antara peranan dengan nilai-nilai pribadi. Contoh dari konflik peran adalah seorang ibu yang harus membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga, seorang guru yang harus menegakkan disiplin sekaligus bersikap ramah kepada siswa, atau seorang dokter yang harus mengobati pasien sekaligus mengikuti aturan rumah sakit.

Baca Juga:  Tipe Ideal Weber: Konstruksi Logis untuk Memahami Fenomena Sosial

Konflik Kelompok

Konflik kelompok adalah konflik yang terjadi antara kelompok-kelompok yang berbeda dalam masyarakat3. Konflik kelompok dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti persaingan, kerjasama, komunikasi, kepemimpinan, norma, atau nilai. Contoh dari konflik kelompok adalah konflik antara suporter sepak bola yang berbeda tim, konflik antara organisasi kemasyarakatan yang berbeda visi dan misi, atau konflik antara agama atau aliran yang berbeda ajaran.

Konflik Kelas

Konflik kelas adalah konflik yang terjadi antara kelas-kelas yang berbeda dalam masyarakat3. Konflik kelas merupakan bentuk konflik sosial yang paling mendasar dan universal. Konflik kelas dipicu oleh adanya ketimpangan dan eksploitasi dalam sistem sosial. Contoh dari konflik kelas adalah konflik antara kaum borjuis dan proletar dalam masyarakat kapitalis, konflik antara kaum feodal dan rakyat jelata dalam masyarakat feodal, atau konflik antara kaum kolonial dan pribumi dalam masyarakat kolonial.

Konflik Internasional

Konflik internasional adalah konflik yang terjadi antara negara-negara yang berbeda dalam sistem internasional3. Konflik internasional dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kekuatan, kepentingan, ideologi, identitas, atau lingkungan. Contoh dari konflik internasional adalah konflik antara Israel dan Palestina, konflik antara India dan Pakistan, atau konflik antara China dan Taiwan.

Sumber:

(1) Bentuk Konflik Sosial di Masyarakat | Sosiologi Kelas 11. https://www.ruangguru.com/blog/bentuk-konflik-sosial-di-masyarakat.

(2) Pengertian Konflik Sosial, Penyebab, Dampak, dan Bentuk-bentuknya. https://www.kompas.com/skola/read/2022/08/23/150000769/pengertian-konflik-sosial-penyebab-dampak-dan-bentuk-bentuknya.

(3) Bentuk-Bentuk Konflik – Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/11/183144369/bentuk-bentuk-konflik.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: