Berbagai Peristiwa dan Peringatan Penting pada 8 November 2023

Tanggal 8 November 2023 adalah hari Rabu yang memiliki banyak peristiwa dan peringatan penting baik di tingkat nasional maupun internasional. Berikut ini adalah beberapa hal yang terjadi atau dirayakan pada tanggal 8 November 2023.

Hari Tata Ruang Nasional

Hari Tata Ruang Nasional adalah peringatan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sejak tahun 2007 untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan tata ruang yang berkelanjutan, berwawasan lingkungan, dan berkeadilan1. Hari Tata Ruang Nasional juga bertujuan untuk mengapresiasi kinerja para pihak yang terlibat dalam perencanaan, pengendalian, dan pengawasan tata ruang1. Tema Hari Tata Ruang Nasional tahun 2023 adalah “Tata Ruang untuk Mewujudkan Indonesia Maju, Adil, dan Sejahtera”1.

Hari Pianis Sedunia

Hari Pianis Sedunia adalah perayaan yang diinisiasi oleh World Piano Teachers Association (WPTA) sejak tahun 2015 untuk menghormati para pianis yang telah berkontribusi dalam dunia musik dan seni2. Hari Pianis Sedunia juga bertujuan untuk mempromosikan piano sebagai alat musik yang universal, ekspresif, dan inspiratif2. Pada Hari Pianis Sedunia, berbagai kegiatan seperti konser, festival, kompetisi, seminar, dan workshop diadakan di seluruh dunia untuk menampilkan bakat dan kreativitas para pianis2.

Peringatan Upaya Pembunuhan Adolf Hitler

Pada tanggal 8 November 1939, Adolf Hitler, pemimpin Nazi Jerman, lolos dari upaya pembunuhan yang dilakukan oleh Georg Elser, seorang tukang kayu dan aktivis anti-Nazi3. Elser menempatkan sebuah bom waktu di sebuah pilar di dekat podium tempat Hitler akan berpidato di Munich untuk memperingati kudeta Nazi tahun 19233. Namun, Hitler meninggalkan tempat tersebut lebih awal dari jadwal karena cuaca buruk, sehingga bom meledak 13 menit setelah ia pergi dan menewaskan delapan orang dan melukai lebih dari 60 orang3. Elser ditangkap di perbatasan Swiss dan dieksekusi di kamp konsentrasi Dachau pada tahun 19453.

Prestasi Jorge Lorenzo di MotoGP

Pada tanggal 8 November 2015, Jorge Lorenzo, pembalap motor asal Spanyol, menjadi juara dunia MotoGP musim 2015, gelar juara dunia MotoGP yang ketiga kalinya4. Lorenzo berhasil mengalahkan rekan setimnya, Valentino Rossi, dalam balapan terakhir di Valencia dengan selisih tujuh poin4. Lorenzo menyelesaikan balapan di posisi pertama dengan waktu 40 menit 59,364 detik, sementara Rossi harus start dari posisi terakhir karena mendapat hukuman karena insiden dengan Marc Marquez di Malaysia dan hanya bisa finish di posisi keempat4.