Menu Tutup

Burung Walet: Hewan yang Membawa Manfaat Besar bagi Tubuh

Burung walet adalah salah satu hewan yang banyak ditemukan di beberapa dataran di Asia, termasuk Indonesia. Burung ini memiliki sarang yang terbuat dari air liurnya yang mengeras dengan sendirinya. Sarang burung walet memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, baik secara tradisional maupun modern. Berikut ini adalah beberapa manfaat burung walet bagi tubuh:

1. Membantu Kesehatan Reproduksi

Sarang burung walet secara tradisional diakui dapat membantu menyehatkan sistem reproduksi. Hal ini juga dikonfirmasi oleh hasil penelitian dari uji laboratorium Chinese University of Hongkong pada tahun 20031. Sarang burung walet dapat membantu menyehatkan sistem reproduksi karena dapat mengoptimalkan fungsi tubuh dan hormon dalam tingkat yang sehat sehingga sistem reproduksi dapat optimal2.

2. Berkhasiat untuk Pengobatan

Sarang burung walet secara tradisional diyakini dapat berguna untuk pengobatan paru-paru serta menyembuhkan dan memperkuat pertahanan tubuh dari segala penyakit yang berhubungan dengan darah rendah, suhu tubuh tinggi dan penyakit lain2. Konsumsi sarang burung walet juga sangat dianjurkan untuk membantu mengobati penyakit seperti kanker, AIDS, batuk kering, kerusakan pembuluh darah, dan lain-lain3.

3. Membantu Mempercepat Regenerasi Sel

Sarang burung walet dipercaya memiliki kandungan beberapa protein yang dapat membantu proses regenerasi dan pertumbuhan sel-sel tubuh, meremajakan kulit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh2. Bahkan para ahli pengobatan di China pun sering meresepkan sarang burung walet untuk orang yang mengalami masalah keterlambatan pertumbuhan tanpa sebab yang jelas, mengingat sarang burung walet ini mengandung faktor pertumbuhan epidermal.

Baca Juga:  Sarang Burung Walet: Makanan Eksotis yang Rasanya Manis dan Gurih

4. Membantu Meningkatkan Metabolisme dan Sistem Kekebalan Tubuh

Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sarang burung walet mengandung glikoprotein yang larut dalam air yang dapat mempromosikan pembelahan sel dalam sistem kekebalan tubuh2. Tentu saja hal ini semakin memperkuat kepercayaan bahwa sarang burung walet dapat berguna untuk mendorong pertumbuhan dan memperbaiki jaringan tubuh. Selain itu, sarang burung walet juga dipercaya dapat memperkuat fungsi tubuh, memberikan ketahanan terhadap penyakit juga memberikan efek positif terhadap metabolisme tubuh.

Sumber:
(1) Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Sehat Sarang Burung Walet. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-sarang-burung-walet/.
(2) 11 Manfaat Burung Walet Pada Kesehatan – Manfaat.co.id. https://manfaat.co.id/manfaat-burung-walet.
(3) Burung walet – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Burung_walet.
(4) id.wikipedia.org. https://id.wikipedia.org/wiki/Burung_walet.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: