Menu Tutup

Ciri-Ciri Kalimat Fakta: Pengertian, Contoh, dan Fungsinya

Kalimat fakta adalah kalimat yang menyatakan kebenaran atau kenyataan yang dapat dibuktikan secara objektif. Kalimat fakta berbeda dengan kalimat opini, yang merupakan kalimat yang menyatakan pendapat, perasaan, atau sikap subjektif seseorang. Berikut adalah beberapa ciri-ciri kalimat fakta:

Menggunakan Data atau Bukti yang Valid

Kalimat fakta harus didukung oleh data atau bukti yang valid, yaitu data atau bukti yang berasal dari sumber yang terpercaya, akurat, dan relevan. Data atau bukti yang valid dapat berupa angka, statistik, fakta sejarah, hasil penelitian, saksi mata, dokumen resmi, dan lain-lain. Contoh kalimat fakta yang menggunakan data atau bukti yang valid adalah:

  • Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2020 adalah 270,2 juta jiwa.
  • Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature, vaksin COVID-19 buatan Pfizer dan BioNTech memiliki efikasi 95% dalam mencegah infeksi virus.
  • Sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945, Presiden Republik Indonesia dipilih secara langsung oleh rakyat untuk masa jabatan lima tahun.

Menggunakan Kata-Kata yang Tegas dan Jelas

Kalimat fakta harus menggunakan kata-kata yang tegas dan jelas, yaitu kata-kata yang tidak menimbulkan keraguan, kebingungan, atau penafsiran berbeda. Kata-kata yang tegas dan jelas dapat berupa kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan, atau frasa yang spesifik dan konkret. Contoh kalimat fakta yang menggunakan kata-kata yang tegas dan jelas adalah:

  • Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia.
  • Air mendidih pada suhu 100 derajat Celcius.
  • Bumi berotasi mengelilingi matahari selama 365,25 hari.

Menggunakan Kalimat yang Singkat dan Padat

Kalimat fakta harus menggunakan kalimat yang singkat dan padat, yaitu kalimat yang tidak bertele-tele, berulang-ulang, atau mengandung informasi yang tidak penting. Kalimat yang singkat dan padat dapat membantu pembaca untuk memahami isi kalimat fakta dengan cepat dan mudah. Contoh kalimat fakta yang menggunakan kalimat yang singkat dan padat adalah:

  • Gajah adalah hewan mamalia terbesar di darat.
  • Jusuf Kalla adalah Wakil Presiden Indonesia periode 2004-2009 dan 2014-2019.
  • Indonesia memiliki lima pulau besar, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Baca Juga: