Menu Tutup

Dari Mana Asal Kata Sejarah?

Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari peristiwa-peristiwa masa lalu yang berkaitan dengan manusia. Sejarah juga dapat mengacu pada rangkaian peristiwa yang terjadi pada suatu waktu, tempat, atau kelompok tertentu. Sejarah dapat memberikan kita wawasan tentang asal-usul, perkembangan, dan perubahan yang dialami oleh manusia dan masyarakatnya. Namun, dari mana asal kata sejarah itu sendiri?

Secara etimologi, kata sejarah berasal dari bahasa Arab syajaratun, yang berarti pohon atau tumbuhan123 Kata ini kemudian diserap ke dalam bahasa Melayu sebagai syajarah, dan akhirnya menjadi sejarah dalam bahasa Indonesia3 Mengapa kata sejarah berasal dari kata syajaratun yang berarti pohon? Hal ini mungkin karena pohon atau tumbuhan memiliki siklus hidup yang mirip dengan sejarah manusia. Pohon atau tumbuhan dimulai dari bibit, disemai, ditanam, tumbuh, berbunga, berbuah, tua, dan mati. Demikian pula, sejarah manusia dimulai dari asal-usul, berkembang, mengalami peristiwa-peristiwa penting, mencapai puncak, mengalami kemunduran, dan berakhir. 1

Selain itu, kata syajaratun juga dapat berarti keturunan atau silsilah12 Hal ini mungkin karena pohon atau tumbuhan memiliki cabang-cabang yang bercabang dari batang utama. Demikian pula, sejarah manusia memiliki cabang-cabang yang bercabang dari nenek moyang utama. Sejarah manusia juga sering dikaitkan dengan asal-usul atau keturunan suatu bangsa, suku, atau keluarga1

Dalam bahasa Inggris, sejarah disebut sebagai history, yang berasal dari bahasa Yunani istoria, yang artinya ilmu atau penyelidikan24 Kata ini kemudian diserap ke dalam bahasa Latin sebagai historia, dan akhirnya menjadi history dalam bahasa Inggris4 Mengapa kata history berasal dari kata istoria yang berarti ilmu atau penyelidikan? Hal ini mungkin karena sejarah adalah ilmu pengetahuan yang memerlukan penyelidikan atau penelitian untuk mengetahui kebenaran tentang masa lalu. Sejarah juga membutuhkan sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diverifikasi untuk mendukung pernyataan-pernyataan tentang peristiwa-peristiwa masa lalu. 4

Baca Juga:  Mengenal Unsur-Unsur Sejarah: Fakta, Kronologi, Kausalitas, dan Interpretasi

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kata sejarah memiliki asal-usul yang berbeda-beda tergantung pada bahasa dan budaya yang digunakan. Namun, kata sejarah memiliki makna umum yang sama yaitu mengenai peristiwa-peristiwa masa lalu yang berkaitan dengan manusia dan masyarakatnya. Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang penting untuk dipelajari karena dapat memberikan kita pemahaman tentang diri kita sendiri dan dunia di sekitar kita.

Sumber:
(1) Pengertian Sejarah secara Etimologi dan Terminologi – Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2022/04/14/090000269/pengertian-sejarah-secara-etimologi-dan-terminologi.
(2) Sejarah – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah.
(3) Pengertian Sejarah: Secara Terminologi, Etimologi, dan Menurut Para …. https://attoriolong.com/2021/04/pengertian-sejarah-secara-terminologi-etimologi-dan-menurut-para-ahli/.
(4) Sejarah Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Klasifikasinya. https://dailysocial.id/post/sejarah-adalah-pengertian-fungsi-dan-klasifikasinya.
(5) Mengapa Sejarah Berasal dari Kata Syajaratun yang Artinya Pohon?. https://www.kompas.com/stori/read/2022/07/19/140000879/mengapa-sejarah-berasal-dari-kata-syajaratun-yang-artinya-pohon-.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: