Menu Tutup

Expression of Congratulations: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

Pengertian Expression of Congratulations

Expression of Congratulations adalah sebuah ekspresi yang digunakan untuk memberikan ucapan selamat pada seseorang yang telah sukses dalam meraih cita-citanya1. Congratulation memiliki makna yang sama dengan kata good wish. Artinya memberikan aspresiasi atau harapan yang baik ke seseorang1.

Jenis-Jenis Expression of Congratulations

Ada beberapa ungkapan yang bisa digunakan untuk mengucapkan selamat dalam bahasa Inggris. Ucapan selamat ini dibedakan menjadi dua, yaitu ucapan selamat untuk pencapaian dan ucapan selamat untuk perayaan2.

Ucapan Selamat untuk Pencapaian

Ucapan selamat untuk pencapaian dibagi lagi menjadi dua, yaitu ucapan formal dan informal2. Ungkapan selamat formal biasanya digunakan dalam bentuk tulisan atau pada surat. Namun, juga bisa digunakan di kesempatan lain tetapi tetap dalam situasi formal2. Ini dia contohnya:

  • Congratulations!
  • Congratulation on …
  • I’d like to congratulate you on…
  • I am happy for you!
  • I am happy for your success on…

Nah, supaya lebih keren dan santai, juga bisa menggunakan ucapan selamat informal di pergaulan sehari-hari2. Berikut ini caranya:

  • Congrats!
  • GG atau Good Game (digunakan dalam permainan)
  • Three cheers! (digunakan sambil bersulang)

Ucapan Selamat untuk Perayaan

Apabila ucapan selamat sebelumnya digunakan untuk pencapaian, ucapan selamat yang satu ini adalah contoh ucapan selamat untuk hari-hari spesial yang bentuknya perayaan (event-based expression)2. Ucapan selamat dalam rangka perayaan harus sesuai dengan situasinya. Biasanya ucapan selamat ini diawali dengan kata “happy”2. Berikut contohnya:

  • Happy birthday! (Selamat ulang tahun)
  • Happy anniversary! (Selamat hari jadi)
  • Happy New Year! (Selamat Tahun Baru)
  • Happy Eid al-Fitr! (Selamat Hari Raya Idul Fitri)
Baca Juga:  Teori Max Weber: Kontribusi dan Kritik dalam Sosiologi

Fungsi Expression of Congratulations

Fungsi dari expression of congratulations adalah untuk menunjukkan rasa senang atau bangga atas prestasi atau pencapaian orang lain1. Dengan mengucapkan selamat, kita bisa memberikan dukungan dan motivasi kepada orang tersebut agar terus berusaha dan berkembang1. Selain itu, ucapan selamat juga bisa mempererat hubungan antara kita dan orang yang kita ucapkan selamat1.

Contoh Expression of Congratulations dalam Percakapan

Berikut adalah beberapa contoh expression of congratulations dalam percakapan sehari-hari:

Contoh 1:

A: Hi, Rani! I heard you got the scholarship to study in Australia. Congrats! B: Thank you, Aji! I’m so happy and grateful. A: You deserve it. You worked so hard for it. B: Thanks for your support. I hope you can achieve your dreams too.

Contoh 2:

A: Happy birthday, Dina! I hope you have a wonderful day. B: Thank you, Rama! You’re so sweet. A: Here’s a gift for you. I hope you like it. B: Wow, thank you so much. You’re the best.

Contoh 3:

A: Good game, guys! We won the match! B: Yeah, we did it! Three cheers for our team! A: Hip hip hooray! B: Hip hip hooray! A: Hip hip hooray!

Sumber:
(1) Pengertian, Jenis dan Fungsi Expression of Congratulation dalam Bahasa …. https://www.necerz.com/2020/06/pengertian-jenis-dan-fungsi-expression.html.
(2) Contoh Ucapan Selamat (Congratulation) dalam Percakapan – Ruangguru. https://www.ruangguru.com/blog/macam-macam-contoh-congratulation-dalam-percakapan.
(3) 80 Ways to Say Congratulations in English (Congratulations Synonyms …. https://7esl.com/ways-to-say-congratulations/.
(4) Berbagai Macam Expression of Congratulation | Bahasa Inggris Kelas 10. https://www.ruangguru.com/blog/macam-expression-of-congratulating-dalam-bahasa-inggris.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: