Menu Tutup

Henrich Focke: Pelopor Helikopter Jerman dan Penemu Sistem Propulsi Poros Turbo

Henrich Focke (8 Oktober 1890 – 25 Februari 1979) adalah seorang insinyur penerbangan Jerman yang terkenal sebagai pelopor dalam pengembangan helikopter. Lahir di Bremen, Jerman, Focke menunjukkan minat pada penerbangan sejak usia dini. Dia belajar teknik mesin di Universitas Hannover dan kemudian bekerja sebagai insinyur diいくつかの perusahaan penerbangan.

Pada tahun 1924, Focke mendirikan Focke-Wulf Flugzeugbau AG bersama dengan Georg Wulf. Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis pesawat, termasuk pesawat tempur dan pesawat latih. Focke juga mulai mengembangkan helikopter pada tahun 1930-an.

Pada tahun 1936, Focke dan timnya berhasil menerbangkan Focke-Wulf Fw 61, yang dianggap sebagai helikopter pertama yang benar-benar dapat dikontrol dan stabil. Helikopter ini menggunakan sistem propulsi rotor intermeshing, di mana dua rotor berputar berlawanan arah satu sama lain. Sistem ini memberikan kontrol dan stabilitas yang lebih baik daripada sistem rotor tunggal yang digunakan pada helikopter sebelumnya.

Fw 61 sukses besar dan digunakan oleh Luftwaffe (Angkatan Udara Jerman) selama Perang Dunia II. Focke dan timnya kemudian mengembangkan beberapa model helikopter lain, termasuk Fa 223 Drache, yang merupakan helikopter kargo terbesar yang digunakan selama perang.

Setelah Perang Dunia II, Focke bekerja di Prancis dan Brasil sebelum kembali ke Jerman pada tahun 1956. Dia terus mengembangkan helikopter dan mendirikan Focke-Achgelis GmbH pada tahun 1957.

Baca Juga:  Benjamin Holt: Penemu Traktor Perayap Pertama

Penemuan Sistem Propulsi Poros Turbo

Salah satu penemuan terpenting Focke adalah sistem propulsi poros turbo untuk helikopter. Sistem ini menggunakan turbin gas untuk menggerakkan rotor utama helikopter. Sistem ini lebih efisien dan bertenaga daripada sistem propulsi piston yang digunakan pada helikopter sebelumnya.

Sistem propulsi poros turbo pertama kali diuji pada helikopter Focke-Wulf Fa 223 Drache pada tahun 1944. Sistem ini terbukti sukses dan kemudian digunakan pada banyak helikopter lain, termasuk Bell UH-1 Iroquois dan Sikorsky CH-53 Sea Stallion.

Penutup

Henrich Focke adalah seorang pelopor sejati dalam pengembangan helikopter. Dia membuat banyak kontribusi penting untuk teknologi helikopter, termasuk penemuan sistem propulsi poros turbo. Helikopternya digunakan di seluruh dunia dan telah menyelamatkan banyak nyawa.

Posted in Tokoh

Artikel Terkait: