Menu Tutup

Ini Dia Jurusan Kuliah yang Sering Dibuka dalam Formasi CPNS

CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil adalah status sementara bagi mereka yang ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Menjadi PNS adalah impian banyak orang karena dianggap memiliki kestabilan dan kesejahteraan yang baik. Namun, untuk menjadi PNS, tidak sembarang orang bisa melamar. Ada beberapa syarat dan kriteria yang harus dipenuhi, salah satunya adalah jurusan kuliah yang sesuai dengan formasi CPNS yang dibuka.

Formasi CPNS adalah jumlah dan jenis jabatan yang dibutuhkan oleh instansi pemerintah. Setiap instansi memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga formasi CPNS juga bervariasi. Formasi CPNS biasanya diumumkan melalui situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) atau instansi terkait.

Lalu, jurusan apa saja yang bisa ikut CPNS? Berikut ini adalah beberapa jurusan yang sering dibutuhkan dalam formasi CPNS, beserta contoh instansi yang membutuhkannya.

Jurusan Kesehatan

Jurusan kesehatan selalu dibutuhkan dalam rekrutmen CPNS. Dikutip dari portal CASN Kementerian Kesehatan1, contoh formasi yang dibutuhkan terkait dengan jurusan kesehatan misalnya adalah Administrator Kesehatan Ahli Pertama. Terkait dalam bidang ini, calon mahasiswa dapat memilih berbagai jurusan seperti diploma pengobatan tradisional, keperawatan, kebidanan, epidemiologi, dan sebagainya.

Jurusan Hukum

Sektor hukum dalam pemerintahan membutuhkan banyak tenaga ahli. Misalnya disebutkan dalam arsip detikfinance2, ada sejumlah formasi di Kejaksaan Agung yang membutuhkan lulusan dalam bidang ini, contohnya formasi Analis Rancangan Naskah Perjanjian membutuhkan lulusan S1 hukum maupun ilmu hukum. Ada pula formasi Ahli Pertama Jaksa yang syaratnya adalah lulusan S1 hukum.

Baca Juga:  Bisnis Apa yang Cepat Balik Modal?

Jurusan Politik dan Pemerintahan

Masih terkait dengan bidang politik, jurusan politik dan pemerintahan juga memiliki banyak peluang bagi kalian yang ingin berkarier sebagai PNS. Salah satu kampus yang menyediakan program studi politik dan pemerintahan adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebagaimana disebutkan dalam situs resminya3, prospek kerja untuk lulusan bidang studi tersebut adalah praktisi maupun peneliti di sektor pemerintahan maupun swasta, pegawai Kementerian Sosial, politisi, dan sebagainya.

Jurusan Pendidikan

Profesi guru di Indonesia tentunya selalu dibutuhkan. Bagi detikers yang berkeinginan menjadi seorang pengajar, ada banyak pilihan program studi (prodi) yang bisa dipilih dalam bidang ini. Kalian bisa memilih prodi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), pendidikan guru PAUD, pendidikan bahasa Inggris, PGSD pendidikan jasmani, dan yang lainnya. Saat ada lowongan CPNS seperti PPPK Guru 2021 kali ini4, kalian bisa mencoba peluang tersebut.

Jurusan Teknologi Informasi

Seiring dengan aktivitas manusia yang semakin banyak dilakukan secara digital, tenaga di bidang teknologi informasi pun kian dibutuhkan dan tak terkecuali di sektor pemerintahan. Pembelajaran yang diberikan dalam jurusan ini, sebagai contoh seperti disebutkan dalam laman Institut Teknologi Sipil (ITS), kampus tersebut mengajarkan mahasiswanya prinsip teknologi informasi, konsep computing dan matematika, proses analisis, perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi sumber daya informasi, dan lainnya.

Itulah beberapa jurusan kuliah yang bisa ikut CPNS. Tentu saja, masih ada banyak jurusan lain yang juga memiliki peluang untuk menjadi PNS. Yang terpenting adalah menyesuaikan minat dan kemampuan dengan formasi CPNS yang ditawarkan oleh instansi pemerintah. Selain itu, persiapan yang matang dan tekad yang kuat juga diperlukan untuk menghadapi seleksi CPNS yang kompetitif. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga sukses bagi kalian yang ingin menjadi PNS.

Sumber:
(1) 10 Jurusan Berpeluang Jadi PNS Terbanyak, Yuk Daftar di … – detikcom. https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5867199/10-jurusan-berpeluang-jadi-pns-terbanyak-yuk-daftar-di-snmptn-sbmptn-2022.
(2) Daftar 10 Jurusan S1 yang Paling Banyak Dicari untuk Formasi CPNS 2023 …. https://economy.okezone.com/read/2022/12/19/622/2730053/daftar-10-jurusan-s1-yang-paling-banyak-dicari-untuk-formasi-cpns-2023-apa-saja.
(3) Jurusan Langganan Jadi PNS di Tes CPNS dan Sekolah Kedinasan. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/jurusan-langganan-jadi-pns-di-tes-cpns-dan-sekolah-kedinasan.
(4) BKN Buka Formasi CPNS 2021 untuk Lulusan D3, S1, dan S2 Cek … – detikcom. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5633445/bkn-buka-formasi-cpns-2021-untuk-lulusan-d3-s1-dan-s2-cek-syaratnya.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: