Menu Tutup

Koperasi termasuk organisasi apa? Berikut penjelasannya

Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan1. Koperasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu cooperation, yang berarti kerja sama2. Koperasi juga merupakan sebuah badan usaha yang beranggotakan sekumpulan orang yang kegiatannya berlandaskan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi kerakyatan yang berasas kekeluargaan23.

Koperasi termasuk organisasi yang bersifat sosial dan demokratis. Koperasi memberikan kebebasan kepada anggota untuk masuk dan keluar, serta bekerja sama secara kekeluargaan menjalankan usaha untuk mempertinggi kesejahteraan jasmaniah para anggotanya4. Koperasi juga memberikan kesempatan kepada anggota untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan usaha koperasi. Koperasi juga mengedepankan nilai-nilai seperti solidaritas, tanggung jawab, keterbukaan, dan keadilan4.

Koperasi memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat sekitar. Koperasi juga bertujuan untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang berdasarkan demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi, keadilan, berkelanjutan, kemandirian, dan seimbang2. Koperasi juga memiliki fungsi untuk membangun dan mengembangkan potensi anggota, meningkatkan sumber daya manusia, memperkuat ketahanan ekonomi kerakyatan, dan memberikan perlindungan hukum kepada anggota2.

Koperasi memiliki beberapa jenis berdasarkan jenis usaha dan anggota. Jenis koperasi berdasarkan jenis usaha antara lain koperasi produsen, koperasi konsumen, koperasi jasa, dan koperasi simpan pinjam4. Jenis koperasi berdasarkan anggota antara lain koperasi primer, koperasi sekunder, dan koperasi induk4. Koperasi juga memiliki lambang yang terdiri dari beberapa simbol, yaitu rantai, roda bergigi, kapas dan padi, timbangan, bintang dalam perisai, pohon beringin, tulisan “Koperasi Indonesia”, dan warna dasar merah putih4.

Baca Juga:  Manfaat Menjadi Anggota Koperasi

Sumber:
(1) Koperasi – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi.
(2) Pengertian Koperasi: Sejarah, Fungsi, Tujuan, Prinsip dan Jenisnya. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-koperasi/.
(3) Koperasi: Definisi, Sejarah, Fungsi, Tujuan dan Prinsipnya. https://dailysocial.id/post/koperasi.
(4) Koperasi: Definisi, Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Prinsipnya – Finansialku. https://www.finansialku.com/definisi-koperasi-adalah/.
(5) id.wikipedia.org. https://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: