Menu Tutup

Mengakarkan dan Membumikan Pancasila Sebagai Landasan Bernegara

Pancasila sebagai landasan bernegara memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Berikut adalah pembahasan yang panjang dan lengkap mengenai Pancasila sebagai landasan bernegara, beserta sub judulnya.

Sejarah Pancasila

Pancasila pertama kali dirumuskan oleh Sukarno pada tanggal 1 Juni 1945 dalam pidato yang disampaikan kepada komite persiapan kemerdekaan Indonesia1. Pancasila kemudian dijadikan sebagai dasar filosofis negara Indonesia.

Pancasila sebagai Sumber Hukum

Sebagai dasar negara, Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum yang ada di Indonesia. Hal ini berarti bahwa segala peraturan dan undang-undang yang berlaku haruslah berlandaskan pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila2.

Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Pancasila tidak hanya sebagai landasan dalam pembuatan hukum, tetapi juga sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Setiap warga negara diharapkan dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan mereka3.

Pancasila dan Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu cara untuk mengakarkan nilai-nilai Pancasila. Melalui pendidikan, generasi muda dapat memahami dan menginternalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila4.

Pancasila dalam Konteks Global

Di era globalisasi, penting bagi Indonesia untuk tetap memegang teguh Pancasila sebagai landasan bernegara. Pancasila dapat menjadi identitas nasional yang membedakan Indonesia dengan negara-negara lain5.

Tantangan dan Harapan

Dalam menghadapi berbagai tantangan, baik dari dalam maupun luar negeri, Pancasila tetap harus menjadi bintang pemandu bagi bangsa Indonesia. Harapannya, Pancasila dapat terus menjadi landasan yang kokoh dalam menjaga keutuhan dan kemajuan bangsa3.

Baca Juga:  Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan

Penutup

Pancasila sebagai landasan bernegara telah terbukti mampu menyatukan berbagai suku, agama, dan golongan yang ada di Indonesia. Dengan terus mengakarkan dan membumikan nilai-nilai Pancasila, Indonesia dapat terus maju dan berkembang sebagai bangsa yang besar.

Sumber:
(1) Pancasila | Monotheism, Unity, Five Principles | Britannica. https://www.britannica.com/topic/Pancasila.
(2) (PDF) PANCASILA AS THE BASIS OF THE STATE – Academia.edu. https://www.academia.edu/90029075/PANCASILA_AS_THE_BASIS_OF_THE_STATE.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: