Menu Tutup

Operasional Perbankan: Fungsi, Aktivitas, dan Layanan Bank kepada Masyarakat

Operasional perbankan adalah kegiatan yang dilakukan oleh bank dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga keuangan. Operasional perbankan mencakup aktivitas utama bank dalam menghimpun dana dari masyarakat (simpanan) dan menyalurkannya kepada masyarakat (kredit), serta aktivitas pendukung lainnya seperti jasa perantara, jasa penitipan, jasa transfer, dan lain-lain. Operasional perbankan sangat penting untuk menunjang perekonomian nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menghimpun Dana dari Masyarakat (Simpanan)

Salah satu fungsi utama bank adalah menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki kelebihan dana (surplus unit) untuk disimpan di bank. Dana yang disimpan di bank dapat berupa tabungan, deposito, giro, sertifikat deposito, atau produk simpanan lainnya. Bank memberikan imbalan berupa bunga atau bagi hasil kepada nasabah yang menyimpan dananya di bank. Bank juga memberikan fasilitas dan kemudahan kepada nasabah dalam mengakses dan mengelola dana simpanannya, misalnya dengan kartu ATM, mobile banking, internet banking, atau layanan lainnya.

Menyalurkan Dana kepada Masyarakat (Kredit)

Fungsi utama bank yang lain adalah menyalurkan dana kepada masyarakat yang membutuhkan dana (deficit unit) untuk berbagai keperluan, misalnya konsumsi, investasi, modal kerja, atau pembelian barang dan jasa. Dana yang disalurkan oleh bank dapat berupa kredit, pembiayaan syariah, surat berharga, atau produk kredit lainnya. Bank memberikan syarat dan ketentuan kepada nasabah yang meminjam dananya dari bank, misalnya jangka waktu, bunga atau margin, agunan, atau persyaratan lainnya. Bank juga melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap penggunaan dan pengembalian dana kredit oleh nasabah.

Melakukan Aktivitas Pendukung Lainnya

Selain menghimpun dan menyalurkan dana, bank juga melakukan aktivitas pendukung lainnya yang berkaitan dengan layanan keuangan. Beberapa contoh aktivitas pendukung tersebut adalah:

  • Jasa perantara: Bank bertindak sebagai perantara antara nasabah dengan pihak lain dalam melakukan transaksi keuangan, misalnya pembayaran tagihan, pembelian saham atau obligasi, penempatan dana di pasar uang atau pasar modal, atau transaksi valuta asing.
  • Jasa penitipan: Bank menyediakan fasilitas penitipan bagi nasabah yang ingin menyimpan barang berharga atau dokumen penting di bank, misalnya safe deposit box, custodian, atau trustee.
  • Jasa transfer: Bank memfasilitasi nasabah untuk melakukan transfer dana antar rekening di bank yang sama atau bank yang berbeda, baik dalam negeri maupun luar negeri, dengan menggunakan sistem kliring, RTGS (Real Time Gross Settlement), SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication), atau sistem lainnya.
  • Jasa konsultasi: Bank memberikan saran dan bantuan kepada nasabah dalam hal perencanaan keuangan, manajemen risiko, analisis investasi, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan keuangan.
Baca Juga:  Tapering Bank Sentral: Proses, Dampak, Studi Kasus, dan Tips Menghadapinya

Sumber:

(1) Fungsi Bank dan Mengenal Kegiatan Operasionalnya. https://www.cermati.com/artikel/fungsi-bank-dan-mengenal-kegiatan-operasionalnya.

(2) Fungsi Bank dan Mengenal Kegiatan Operasionalnya. https://www.cermati.com/artikel/fungsi-bank-dan-mengenal-kegiatan-operasionalnya.

(3) Konsep Operasional Perbankan Syariah – Portal OJK. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/Konsep-Operasional-PBS.aspx.

(4) Konsep Operasional Perbankan Syariah – Portal OJK. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/Konsep-Operasional-PBS.aspx.

(5) Simak, Berikut Adalah Jenis Pekerjaan di Bank yang Perlu Kamu Tahu. https://money.kompas.com/read/2021/08/17/181021526/simak-berikut-adalah-jenis-pekerjaan-di-bank-yang-perlu-kamu-tahu.

(6) Simak, Berikut Adalah Jenis Pekerjaan di Bank yang Perlu Kamu Tahu. https://money.kompas.com/read/2021/08/17/181021526/simak-berikut-adalah-jenis-pekerjaan-di-bank-yang-perlu-kamu-tahu.

(7) Cara Kerja Bank, Jenis dan Fungsinya yang Perlu Kamu Tahu. https://ajaib.co.id/cara-kerja-bank-jenis-dan-fungsinya-yang-perlu-kamu-tahu/.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: