Menu Tutup

Pilihan Doa Pengganti Doa Qunut dalam Shalat Subuh

Doa Qunut adalah salah satu doa yang dibaca pada shalat subuh, biasanya pada rakaat kedua setelah selesai membaca tahmid dan sebelum ruku. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan petunjuk, kesehatan, perlindungan, keberkahan, dan ampunan kepada kita dan umat Islam. Doa ini juga memuji Allah SWT sebagai Tuhan yang Maha Tinggi, Maha Berkuasa, dan Maha Pengampun.

Namun, apakah ada doa pengganti doa qunut jika kita lupa atau tidak hafal doa qunut? Menurut sebagian ulama, ada beberapa pilihan doa yang bisa dibaca sebagai pengganti doa qunut, antara lain:

  • Doa Rabbana. Doa ini terdiri dari 40 ayat Al-Quran yang diawali dengan kata Rabbana (Ya Tuhan kami). Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk berbagai hal, seperti hidayah, taqwa, sabar, syukur, ilmu, rezeki, kebaikan dunia dan akhirat, dan lain-lain. Contoh doa Rabbana adalah:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atina fid-dunya hasanatan wa fil-akhirati hasanatan waqina ‘adhaban-nar

Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

  • Doa Istiftah. Doa ini adalah doa yang dibaca pada awal shalat setelah takbiratul ihram. Doa ini berisi pujian dan pengakuan kepada Allah SWT sebagai Tuhan yang Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Contoh doa istiftah adalah:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ وَتَبَارَكَ اسْمُكَ وَتَعَالى جَدُّكَ وَلا إِله غيرُك

Subhanakallahumma wa bihamdika wa tabarakasmuka wa ta’ala jadduka wa la ilaha ghairuk

Artinya: Maha Suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu, dan Maha Berkat nama-Mu, dan Maha Tinggi kebesaran-Mu, dan tidak ada tuhan selain Engkau.

  • Doa Ma’tsur. Doa ini adalah doa yang bersumber dari Al-Quran atau hadits Nabi SAW. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk berbagai hal, seperti perlindungan dari syirik, kesesatan, kejelekan, fitnah, dan lain-lain. Contoh doa ma’tsur adalah:

اللّهُـمّ إِنّي أعـوذُ بِك مِنْ عِلْـم لا ينْفـع، ومِنْ قلْـب لا يخْشـع، ومِنْ نفْـس لا تشْـبع، ومِنْ دعـوة لا يُسْتجابُ لها

Allahumma inni a’udzu bika min ‘ilmin la yanfa’u wa min qalbin la yakhsha’u wa min nafsin la tasyba’u wa min da’watin la yustajabu laha

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari nafsu yang tidak pernah puas, dan dari doa yang tidak dikabulkan.

Semua doa pengganti doa qunut di atas bisa dibaca dengan mengangkat kedua tangan atau tanpa mengangkat kedua tangan. Yang penting adalah niat dan khusyu’ dalam berdoa kepada Allah SWT.

Posted in Keislaman

Artikel Terkait: