Proses Pewarisan Gen: Komponen, Mekanisme, dan Faktor yang Mempengaruhi

Gen adalah bagian dari materi genetik yang terdapat pada setiap individu yang menentukan ciri-ciri atau sifat-sifat yang dimiliki oleh individu tersebut. Gen terletak pada DNA (asam deoksiribonukleat) yang terdapat di setiap sel tubuh. Gen ini berfungsi sebagai petunjuk bagi sel untuk membuat protein yang diperlukan dalam berbagai proses biologis. Proses pewarisan gen terjadi melalui reproduksi seksual, di mana individu mewarisi gen dari kedua orang tuanya. Proses ini melibatkan beberapa komponen, yaitu sel telur, sel sperma, kromosom, dan fertilisasi.

Sel Telur dan Sel Sperma

Sel telur dan sel sperma adalah sel kelamin yang berperan dalam proses reproduksi seksual. Sel telur adalah sel betina yang dihasilkan oleh ovarium, sedangkan sel sperma adalah sel jantan yang dihasilkan oleh testis. Sel telur dan sel sperma mengandung setengah dari banyaknya gen yang dimiliki oleh individu induk. Setiap individu memiliki sepasang gen untuk setiap ciri atau sifat. Terdapat dua jenis gen, yaitu gen dominan dan gen resesif. Gen dominan adalah gen yang akan mendominasi penentuan suatu ciri atau sifat pada individu. Sementara itu, gen resesif akan hanya terlihat jika pasangan gen yang ada adalah dua gen resesif.

Kromosom

Kromosom adalah struktur makromolekul yang tersusun dari DNA dan molekul lain di mana informasi genetik tersimpan di dalam inti sel. Kromosom membawa sifat-sifat menurun atau pembawa informasi genetis kepada keturunannya. Jumlah kromosom yang dimiliki manusia adalah sebanyak 23 pasang. Pada keadaan diploid (2n) atau kromosom yang berpasangan, jumlah kromosomnya adalah 23 x 2 = 46 buah kromosom. Kromosom 1 sampai 22 disebut dengan autosom (kromosom tubuh), sedangkan kromosom ke-23 disebut sebagai gonosom (kromosom kelamin). Berdasarkan fungsinya, terdapat dua tipe kromosom. Kromosom Tubuh (Autosom), yaitu kromosom yang menentukan ciri-ciri fisik. Kromosom Kelamin (Gonosom), yaitu kromosom yang menentukan jenis kelamin pada individu jantan atau betina, jika pada manusia pria atau wanita.

Fertilisasi

Fertilisasi adalah proses peleburan sel telur dan sel sperma yang menghasilkan zigot. Zigot adalah sel kepala embrio yang baru terbentuk, yang menggabungkan materi genetik dari kedua orang tua. Fertilisasi terjadi saat sel telur dan sel sperma bertemu di saluran reproduksi. Dalam fertilisasi, pasangan gen yang ada pada sel telur dan sel sperma akan bergabung membentuk satu set gen di dalam zigot. Proses ini disebut dengan kombinasi gen. Dalam pembentukan zigot baru ini, setiap individu turut menyumbangkan separuh gen yang dimilikinya, sehingga zigot baru memiliki kombinasi gen dari kedua orang tuanya. Pada manusia, proses pewarisan gen juga dipengaruhi oleh adanya kromosom seks, yaitu kromosom yang menentukan jenis kelamin. Dalam manusia, perempuan memiliki dua kromosom seks X (XX), sedangkan laki-laki memiliki satu kromosom seks X dan satu kromosom seks Y (XY). Melalui pembagian selama reproduksi, jenis kelamin juga dapat ditentukan dan mempengaruhi pewarisan gen.

Baca Juga:  Pewarisan Sifat pada Manusia: Komponen, Proses, dan Contoh Sifat yang Diwariskan

Kesimpulan

Proses pewarisan gen adalah proses penurunan sifat dari satu generasi ke generasi berikutnya yang terjadi melalui reproduksi seksual. Proses ini melibatkan beberapa komponen, yaitu sel telur, sel sperma, kromosom, dan fertilisasi. Sel telur dan sel sperma adalah sel kelamin yang mengandung setengah dari banyaknya gen yang dimiliki oleh individu induk. Kromosom adalah struktur makromolekul yang tersusun dari DNA dan molekul lain di mana informasi genetik tersimpan di dalam inti sel. Fertilisasi adalah proses peleburan sel telur dan sel sperma yang menghasilkan zigot, yang menggabungkan materi genetik dari kedua orang tua. Proses pewarisan gen dapat menentukan ciri-ciri fisik dan jenis kelamin pada individu.

Sumber:
(1) Proses Pewarisan Sifat pada pemuliaan Makhluk Hidup. https://www.quipper.com/id/blog/mapel/biologi/pewarisan-sifat-pada-makhluk-hidup/.
(2) Apa itu gen dan bagaimana proses pewarisan sifat? – OmahBSE. https://www.omahbse.com/blog/apa-itu-gen-dan-bagaimana-proses-pewarisan-sifat/.
(3) Pengertian Pewarisan Sifat, Komponen, serta Prosesnya – Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/620324/pengertian-pewarisan-sifat-komponen-serta-prosesnya.
(4) Pewaris Sifat: Materi Genetik – Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/09/120000969/pewaris-sifat-materi-genetik.