Menu Tutup

Syeikh Muhammad Arifin: Ulama Jambi yang Menyebarkan Islam di Desa Teluk Majelis

Latar Belakang

Syeikh Muhammad Arifin adalah salah seorang ulama Jambi yang turut menyebarkan Islam di Jambi. Beliau dikenal sebagai tokoh penyebar Islam di sebuah desa bernama Teluk Majelis¹. Nama lengkap beliau adalah Muhammad Arifin bin Khumaini Bin Ali Bin Yahya Banafi’, sebagaimana yang beliau sendiri tulis dalam kitab khutbah berbahasa arab². Beliau lahir pada tanggal 01 Januari 1891 M/20 Jumadil Ula 1308 H di Batu Pahat, Johor, Malaysia². Datang untuk pertama kali ke Indonesia tepatnya di desa Rambahan, lalu pada akhirnya bermukim di desa Teluk Majelis¹.

Pendidikan

Sejak kecil Syeikh Muhammad Arifin diasuh oleh orang tua beliau dan mulai belajar Al-qur’an dan dasar-dasar ilmu agama, lalu selanjutnya melanjutkan pendidikan ke daerah Palembang¹. Menurut beberapa sumber mengatakan beliau berguru pada Kyai Abdul Hamid bin Masagus H. Mahmud. atau yang lebih dikenal dengan “Kyai Marogan”¹. Julukan Kiai Marogan dikarenakan lokasi masjid dan makamnya terletak di Muara sungai Ogan, anak sungai Musi, Kertapati Palembang¹. Jika pendapat ini benar maka salah satu kawan seperguruannya saat itu antara lain adalah Habib Salim Bin Hasan Al-Kaf Singkep¹. Setelah merampungkan studinya di tanah Palembang yang merupakan salah satu pusat pendidikan di wilayah Sumatra saat itu, maka Syeikh Arifin pulang ke Jambi guna mengembangkan dakwah di kampung halaman, yang pada akhirnya beliau menjadi salah satu ulama tersohor di Tanjung Jabung Timur khususnya pada masa sebelum kemerdekaan².

Baca Juga:  Hukum Memilih Pemimpin Non-Muslim dari Perspektif Islam

Dakwah dan Karya

Syeikh Muhammad Arifin juga termasuk ulama yang ahli dalam bidang ilmu falak. Beliau menjadi rujukan utama masyarakat sekitar dalam menentukan waktu-waktu ibadah terlebih dalam menentukan awal Ramadan dan hari raya Idul Fitri serta hari raya Idul Adha, dikarenakan belum adanya penanda waktu saat itu². Syekh Arifin juga merupakan salah satu pejuang kemerdekaan, banyak karamah-karamah beliau yang diceritakan dari generasi ke generasi dari saksi mata yang hidup saat itu menceritakan perjuangan beliau melawan penjajah kala itu². Beliau wafat pada tanggal 14 Ramadhan 1380 H yang bertepatan dengan tanggal 07 maret 1961 M². Saat ini peninggalan beliau berupa catatan mengenai kitab karya Syekh Arifin berupa kitab khutbah berbahasa Arab dan Kitab Tajul Mulk serta foto beliau berhasil diselamatkan dan saat ini tersimpan di Arsip Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur².

Sumber:
(1) Mengenal Syeikh Muhammad Arifin, Ulama Jambi Penyebar Islam di Desa …. https://harakah.id/mengenal-syeikh-muhammad-arifin-ulama-jambi-penyebar-islam-di-desa-teluk-majelis-1891-1961/.
(2) Syeikh Muhammad Arifin bin Khumaini Banafi’, Ulama Penyebar Islam di …. https://www.jernih.id/syeikh-muhammad-arifin-bin-khumaini-banafi-ulama-penyebar-islam-di-desa-teluk-majelis-1891-1961.
(3) Harakah ID – Mengenal Syeikh Muhammad Arifin, Ulama Jambi … – Facebook. https://www.facebook.com/harakahid/posts/mengenal-syeikh-muhammad-arifin-ulama-jambi-penyebar-islam-di-desa-teluk-majelis/868887080448861/.

Posted in Keislaman

Artikel Terkait: