Cara Melatih Anak Berpuasa

Cara mengajari anak berpuasa memang adalah bentuk tanggung jawab kita sebagai orang tua dalam mengenalkan akan berbagai macam bentuk kewajiban dalam menjalankan agama Islam kita yang tercinta ini.

Hanya saja tentunya pengenalan anak dalam hal puasa, apalagi kita sebentar lagi akan menemui Tamu Penuh Kemuliaan, Bulan Ramadhan 1434 H ini harus dilakukan dengan bijaksana berdasarkan akan usia anak-anak kita juga. Sehingga ketika kita melaksanakan tips melatih anak berpuasa bisa berjalan dengan baik dan anak secara perlahan juga akan memahami akan manfaat puasa bagi anak dan hikmah di balik disyariatkannya puasa bagi umat Muslim pada umumnya.

Kemuliaan keberkahan bulan Ramadhan ini perlu kita syukuri dan juga kita sambut kedatangannya dengan suka cita. Yang lebih penting lagi adalah mengisi bulan suci Ramadhan dengan berbagai macam bentuk ibadah baik yang wajib maupun yang sunnah dan juga amal kebaikan lainnya pula. Karena mulianya ibadah puasa tersebut, sudah seharusnya kita sebagai orang tua untuk mempersiapkan anak-anak kita, agar sejak dini dapat berlatih menjalankan puasa di bulan Ramadhan ini.

Melatih anak-anak berpuasa memang bukan perkara yang mudah, akan tetapi bila anak sudah terbiasa sejak dini mengenal akan pentingnya dan manfat puasa itu bagi kesehatan, terlebih bagi kebaikan dunia akheratnya maka hal ini Insya Allah akan memberikan semangat para orang tua untuk bisa memberikan pelajaran serta melatih anak untuk menjalankan puasa itu sendiri.

Berikut beberapa cara kiat melatih mengajarkan anak puasa yang perlu untuk diperhatikan kita bersama sebagai orang tua yaitu diantaranya :

1. Memberitahu Makna Hikmah Puasa Pada Anak.

Pengetahuan akan beberapa hal yang mendasar mengenai pentingnya berpuasa, syarat rukun puasa yang bisa kita jelaskan kepada anak-anak kita. Tentunya penjelasan ini harus disesuaikan dengan umur dan pemahaman anak-anak kita juga. Kita juga tidak bisa menuntut anak-anak kita pengetahuan secara mendetail, akan tetapi pengetahuan dan ilmu yang bersifat umum agar mudah dipahami oleh putra-putri kita.

Menyampaikannya juga dengan menggunakan bahasa anak-anak atau bisa juga melalui cerita-cerita Islami yang berhubangan dengan puasa. Sampaikan dengan suasana yang menyenangkan dan tanpa ada sifat menggurui bagi anak. Itu akan lebih bijaksana dan akan lebih masuk dalam alam pemikiran anak-anak kita.

2. Memberikan Contoh Dan Keteladanan.

Ini merupakan kiat tips mengajari anak untuk berpuasa yang tidak boleh ditinggalkan. Apalah artinya kita memberikan banyak penjelasan dan pengetahuan mengenai puasa terlebih puasa ramadhan tetapi kita sebagai orang tua malahan tidak berpuasa. Ingat, bahwasannya anak adalah “peniru ulung”. Akan menirukan segala hal yang berkaitan dengan tingkah laku, perilaku kita sebagai orang tua yang sehari-harinya bertemu dengan anak.