Menu Tutup

Cara Mendapatkan e-KTP

Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah dokumen penting yang dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, kini KTP telah berevolusi menjadi KTP elektronik atau disebut juga dengan e-KTP. e-KTP memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan KTP konvensional, seperti lebih sulit dipalsukan dan memiliki keamanan yang lebih tinggi. Jika Anda ingin mendapatkan e-KTP, berikut adalah panduan lengkapnya.

  1. Persyaratan Untuk mendapatkan e-KTP, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan berikut:
  • Warga negara Indonesia
  • Telah berusia 17 tahun atau lebih
  • Memiliki KTP yang masih berlaku
  • Memiliki nomor induk kependudukan (NIK) yang valid
  1. Mengajukan Permohonan; Untuk mengajukan permohonan e-KTP, Anda dapat mengunjungi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di wilayah Anda. Bawa dokumen persyaratan yang diperlukan, seperti KTP asli, fotokopi KTP, fotokopi akta kelahiran, dan pas foto terbaru berukuran 4×6 cm dengan latar belakang merah. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi formulir permohonan e-KTP dan melakukan pengambilan sidik jari.
  2. Proses Verifikasi; Setelah mengajukan permohonan, dokumen yang Anda berikan akan diverifikasi oleh petugas Disdukcapil. Pastikan semua dokumen yang Anda berikan lengkap dan valid untuk mempercepat proses verifikasi.
  3. Pengambilan e-KTP; Jika dokumen Anda telah diverifikasi, Anda akan diberitahu untuk datang ke kantor Disdukcapil untuk mengambil e-KTP Anda. Pastikan Anda membawa KTP asli yang lama dan membawa dokumen lainnya yang diminta oleh petugas Disdukcapil.
  4. Biaya Untuk mendapatkan e-KTP, Anda harus membayar biaya administrasi yang ditetapkan oleh pemerintah. Besar biaya tersebut dapat bervariasi tergantung wilayah dan kebijakan masing-masing Disdukcapil.
  5. Jangka Waktu; Jangka waktu pengambilan e-KTP dapat bervariasi tergantung dari kebijakan masing-masing Disdukcapil. Namun, biasanya pengambilan e-KTP dapat dilakukan dalam waktu sekitar 14 hari kerja setelah permohonan diajukan.
  6. Perpanjangan e-KTP; e-KTP memiliki masa berlaku yang sama dengan KTP konvensional, yaitu selama 5 tahun. Setelah masa berlaku habis, Anda dapat memperpanjangnya dengan cara mengajukan permohonan perpanjangan e-KTP ke Disdukcapil.

Baca Juga: