Menu Tutup

Cara Mengatasi Bau Daging Kambing

Daging kambing merupakan salah satu jenis daging yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, terutama saat perayaan Idul Adha. Namun, daging kambing juga memiliki bau khas atau bau prengus yang bagi sebagian orang dapat mengurangi selera makan. Bau prengus ini disebabkan oleh senyawa karbonil dan asam-asam lemak yang terdapat dalam daging kambing1.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan atau mengurangi bau prengus pada daging kambing sebelum dimasak. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba:

1. Memisahkan Lemak Daging Kambing

Salah satu sumber bau prengus pada daging kambing adalah lemaknya. Oleh karena itu, sebelum memasak, Anda dapat memotong dan memisahkan bagian lemaknya dari daging. Hal ini dapat mengurangi bau prengus sekaligus membuat daging lebih sehat2.

2. Mencuci Daging Kambing

Mencuci daging kambing juga penting untuk menjamin kebersihannya, terutama jika daging tersebut berasal dari hewan kurban yang dipotong di tempat umum. Anda dapat mencuci daging kambing dengan air mengalir hingga bersih dan tidak ada sisa darah atau kotoran yang menempel3.

3. Melumuri Daging Kambing dengan Bumbu atau Garam

Bumbu-bumbu seperti jahe, cengkeh, kayu manis, bubuk kari, atau lada dapat membantu menghilangkan bau prengus pada daging kambing sekaligus memberi rasa dan aroma yang sedap. Anda dapat melumuri daging kambing dengan bumbu-bumbu tersebut dan diamkan selama beberapa menit sebelum dimasak4.

Selain bumbu, Anda juga dapat melumuri daging kambing dengan garam. Garam dapat berfungsi sebagai pengawet alami dan juga dapat menghilangkan sisa darah pada daging. Anda dapat memijat-mijat daging kambing dengan garam pada setiap sisinya dan diamkan selama satu jam sebelum dimasak4.

4. Merendam Daging Kambing dengan Cairan Asam atau Susu

Cairan asam seperti jeruk nipis, jeruk limau, atau cuka juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Cairan asam ini dapat bekerja dengan baik untuk menghilangkan bau sekaligus menambah sedikit rasa pada daging. Anda dapat merendam daging kambing dalam cairan asam selama 30 menit hingga satu jam sebelum dimasak5.

Selain cairan asam, Anda juga dapat merendam daging kambing dengan susu. Susu tidak hanya dapat menghilangkan bau prengus, tetapi juga dapat membuat daging lebih empuk dan lembut. Anda dapat merendam daging kambing dalam susu selama satu jam hingga semalaman sebelum dimasak5.

5. Merebus Daging Kambing dengan Kacang Hijau

Kacang hijau juga dipercaya dapat menghilangkan bau prengus pada daging kambing karena memiliki sifat antioksidan yang dapat menetralkan senyawa penyebab bau. Anda dapat merebus daging kambing dengan kacang hijau dengan perbandingan 5 gram kacang hijau untuk setiap 1 kg daging kambing. Rebus selama kurang lebih 15 menit, kemudian angkat dan tiriskan daging untuk diolah4.

6. Menambahkan Rempah-Rempah saat Memasak

Selain melumuri atau merendam daging kambing sebelum dimasak, Anda juga dapat menambahkan rempah-rempah saat memasak untuk menghilangkan bau prengus. Rempah-rempah seperti daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, atau daun pandan dapat memberikan aroma yang harum dan menyegarkan pada daging kambing. Anda dapat menambahkan rempah-rempah ini saat merebus, menggoreng, atau mengungkep daging kambing sesuai dengan resep yang Anda inginkan.

Sumber:
(1) 5 Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing dan Sapi, Dijamin Nggak Prengus Lagi. https://surakarta.suara.com/read/2023/06/28/193858/5-cara-menghilangkan-bau-daging-kambing-dan-sapi-dijamin-nggak-prengus-lagi.
(2) 6 Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing Sebelum Dimasak. https://tirto.id/6-cara-menghilangkan-bau-daging-kambing-sebelum-dimasak-gMnu.
(3) 7 Cara Menghilangkan Bau Kambing di Rumah Setelah Idul Adha. https://tirto.id/7-cara-menghilangkan-bau-kambing-di-rumah-setelah-idul-adha-gMrP.
(4) 10 Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing, Cepat dan Anti Ribet! – detikFood. https://food.detik.com/info-kuliner/d-6795948/10-cara-menghilangkan-bau-daging-kambing-cepat-dan-anti-ribet.
(5) 7 Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing, Jangan Dicuci – Kompas.com. https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/20/100200523/7-cara-menghilangkan-bau-prengus-daging-kambing-jangan-dicuci.
(6) Bisa Dicoba, 7 Cara Jitu Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing – detikcom. https://www.detik.com/jateng/kuliner/d-6171250/bisa-dicoba-7-cara-jitu-hilangkan-bau-prengus-daging-kambing.

Baca Juga: