Menu Tutup

Cara Mengawetkan Daging Kurban agar Tahan Lama

Daging kurban adalah salah satu makanan yang banyak dibagikan dan dikonsumsi saat perayaan Idul Adha. Namun, tidak semua orang bisa langsung mengolah daging kurban yang mereka terima. Ada yang harus menyimpannya terlebih dahulu agar bisa dimasak di lain waktu. Sayangnya, jika tidak disimpan dengan benar, daging kurban bisa cepat rusak dan berbau. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara mengawetkan daging kurban agar tahan lama dan tetap segar. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba:

Simpan dalam Suhu Rendah

Salah satu cara yang efektif untuk mengawetkan daging kurban adalah dengan menyimpannya dalam suhu rendah. Daging yang telah disembelih sebaiknya segera dimasukkan ke dalam lemari es atau freezer untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan daging1. Sebelum menyimpan daging, pastikan Anda membersihkannya dari kotoran-kotoran yang menempel, seperti darah, lemak, atau bulu2. Jangan mencuci daging dengan air, karena akan membuatnya lebih mudah mengalami freezer burn atau dehidrasi3. Kemas daging dengan plastik wrap atau wadah kedap udara agar tidak terkontaminasi dengan bahan makanan lain2. Jika ingin menyimpan daging dalam waktu lama, potong-potong kecil daging agar lebih mudah membeku dan mengeluarkan udara3.

Gunakan Pengawet Alami

Selain pembekuan, Anda juga bisa menggunakan pengawet alami untuk mengawetkan daging kurban. Pengawet alami adalah bahan-bahan yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme dan memperpanjang umur simpan daging tanpa merusak kualitas dan rasa daging1. Beberapa contoh pengawet alami yang bisa Anda gunakan adalah garam, cuka, madu, bawang putih, jahe, kunyit, dan rempah-rempah1. Cara menggunakan pengawet alami adalah dengan melumuri atau merendam daging dengan bahan-bahan tersebut selama beberapa jam atau semalaman sebelum disimpan di lemari es atau freezer1. Selain itu, Anda juga bisa mengasap daging dengan kayu bakar untuk memberikan aroma dan rasa khas serta mengurangi kadar air pada daging1.

Olah Menjadi Makanan Siap Saji

Cara lain untuk mengawetkan daging kurban adalah dengan mengolahnya menjadi makanan siap saji yang bisa disimpan dalam waktu lama. Makanan siap saji adalah makanan yang sudah dimasak dan hanya perlu dipanaskan kembali sebelum dikonsumsi1. Beberapa contoh makanan siap saji yang bisa dibuat dari daging kurban adalah dendeng, abon, rendang, sosis, nugget, bakso, dan sate1. Cara membuat makanan siap saji dari daging kurban adalah dengan memasak daging hingga matang dan kering dengan bumbu-bumbu sesuai selera1. Setelah itu, dinginkan makanan dan kemas dalam wadah kedap udara atau plastik ziplock1. Simpan makanan siap saji di lemari es atau freezer dan panaskan kembali saat ingin dimakan1.

Sumber:
(1) Cara Mengawetkan Daging Kurban agar Tahan Lama – Garut. https://garut.suara.com/read/2023/06/18/081102/cara-mengawetkan-daging-kurban-agar-tahan-lama.
(2) Cara Menyimpan Daging Kurban yang Benar agar Tahan Lama – Kompas.com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/11/160200065/cara-menyimpan-daging-kurban-yang-benar-agar-tahan-lama.
(3) 4 Cara Menyimpan Daging Kurban Mentah agar Awet Tidak Mudah Busuk. https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/20/200300923/4-cara-menyimpan-daging-kurban-mentah-agar-awet-tidak-mudah-busuk.

 

Baca Juga: