Cara Menghadapi Murid Bandel di Sekolah

Mengajar murid yang bandel atau tidak terkontrol bisa menjadi tantangan bagi para guru. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi murid bandel di sekolah, seperti:

Identifikasi penyebab bandelnya murid tersebut.

Sebagian besar murid yang bandel memiliki masalah di rumah atau di luar sekolah yang mempengaruhi perilakunya di kelas. Oleh karena itu, sebagai guru, kita harus mencoba mengidentifikasi penyebab dari perilaku bandel tersebut agar dapat memberikan solusi yang tepat.

Buat batasan dan aturan yang jelas.

Murid yang bandel seringkali membutuhkan batasan dan aturan yang jelas agar dapat memahami apa yang diharapkan dari mereka. Buatlah aturan yang jelas dan sederhana serta sampaikan kepada murid tersebut agar mereka mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di kelas.

Beri respons yang tepat.

Murid yang bandel seringkali mencari perhatian, baik positif maupun negatif. Jadi, jika mereka melakukan sesuatu yang tidak diinginkan, berikan respons yang tepat agar mereka tidak merasa diabaikan. Namun, jangan memberi respons terlalu banyak karena justru akan memperburuk keadaan.

Beri pujian dan reward.

Beri pujian atau reward kepada murid yang bandel jika mereka sudah berhasil menunjukkan perubahan perilaku yang positif. Ini akan memberikan motivasi kepada mereka untuk terus memperbaiki perilakunya.

Bantu murid mengembangkan kemampuan sosial.

Murid yang bandel seringkali memiliki masalah dalam bergaul dengan teman-teman sekelasnya. Sebagai guru, kita dapat membantu mereka mengembangkan kemampuan sosial dengan mengajarkan teknik-teknik bergaul yang baik serta memfasilitasi interaksi yang positif di kelas.

Bertindak segera saat terjadi masalah.

Jangan tunda menangani masalah yang terjadi saat murid bandel melakukan tindakan yang tidak diinginkan. Segera tindak lanjuti dengan memberikan respons yang tepat agar murid tersebut tidak terus melakukan tindakan yang tidak diinginkan.

Bicarakan masalah dengan orang tua murid.

Jika masalah yang terjadi pada murid bandel tidak dapat diatasi dengan cara-cara di atas, bicarakan masalah tersebut dengan orang tua murid. Mereka mungkin memiliki informasi tambahan atau solusi yang dapat membantu mengatasi masalah yang terjadi pada anak mereka.

Namun, perlu diingat bahwa setiap murid memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda-beda, sehingga tidak ada cara yang pasti akan berhasil untuk menghadapi murid bandel. Oleh karena itu, sebagai guru, kita harus terus belajar dan mencoba berbagai cara yang sesuai dengan kepribadian dan karakter masing-masing murid.