Cara menulis latar belakang dan hal yang perlu dihindari

Cara menulis latar belakang artikel ilmiah

Untuk menulis latar belakang artikel ilmiah, pertama-tama Anda perlu menentukan topik yang akan dibahas dalam artikel tersebut. Setelah itu, langkah-langkah yang dapat Anda ikuti adalah:

  1. Tentukan tujuan dari artikel ilmiah tersebut. Ini akan membantu Anda menentukan apa yang ingin Anda sampaikan dalam latar belakang artikel.
  2. Cari sumber-sumber yang relevan dengan topik yang akan Anda bahas. Anda dapat menggunakan database seperti Google Scholar atau ScienceDirect untuk menemukan jurnal ilmiah yang terkait dengan topik yang Anda pilih.
  3. Baca sumber-sumber tersebut dengan seksama dan catat informasi yang penting. Ini akan membantu Anda memahami konteks dari topik yang akan Anda bahas dan menentukan apa yang sudah diketahui tentang topik tersebut.
  4. Buat outline dari latar belakang artikel ilmiah yang akan Anda tulis. Ini bisa berupa daftar poin-poin yang akan Anda bahas dalam latar belakang artikel.
  5. Tulis latar belakang artikel ilmiah Anda sesuai dengan outline yang telah Anda buat. Jelaskan konteks topik yang akan Anda bahas dan berikan informasi tentang apa yang sudah diketahui tentang topik tersebut. Ingat untuk menyertakan referensi dari sumber-sumber yang Anda gunakan dalam penulisan latar belakang artikel ilmiah Anda.
  6. Pastikan untuk menulis latar belakang artikel ilmiah Anda dengan jelas dan mudah dipahami, serta menggunakan bahasa yang sesuai dengan standar ilmiah. Jangan lupa untuk memperhatikan aturan-aturan penulisan ilmiah, seperti penggunaan tenses yang tepat dan penulisan referensi.

Hal yang dihindari dalam membuat latar belakang artikel ilmiah

Ada beberapa hal yang perlu dihindari dalam membuat latar belakang artikel ilmiah, antara lain:

  1. Menyertakan informasi yang tidak relevan dengan topik yang akan dibahas. Pastikan bahwa informasi yang Anda sertakan dalam latar belakang artikel ilmiah hanya berkaitan dengan topik yang akan Anda bahas.
  2. Menggunakan bahasa yang tidak sesuai dengan standar ilmiah. Pastikan untuk menggunakan bahasa yang formal dan sesuai dengan standar ilmiah dalam penulisan latar belakang artikel ilmiah.
  3. Tidak menyertakan referensi dari sumber-sumber yang Anda gunakan. Penulisan referensi merupakan bagian penting dari penulisan ilmiah, jadi pastikan untuk selalu menyertakan referensi dari sumber-sumber yang Anda gunakan dalam penulisan latar belakang artikel ilmiah.
  4. Menyimpang dari tujuan dari artikel ilmiah yang akan Anda tulis. Pastikan untuk terus fokus pada tujuan dari artikel ilmiah yang akan Anda tulis saat menulis latar belakang artikel ilmiah.
  5. Tidak menggunakan tenses yang tepat. Pastikan untuk menggunakan tenses yang tepat dalam penulisan latar belakang artikel ilmiah, terutama dalam menyebutkan informasi yang sudah diketahui.