Daftar Pertanyaan yang Sering Diajukan Saat Interview

Berikut ini adalah daftar pertanyaan yang sering diajukan saat interview kerja:

Beritahu saya tentang diri Anda.

Ini adalah pertanyaan pembuka yang biasanya diajukan untuk mengetahui latar belakang dan informasi dasar tentang Anda. Jawaban yang tepat harus mencakup informasi tentang pendidikan, pengalaman kerja, dan kelebihan yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?

Pertanyaan ini biasanya diajukan untuk mengetahui motivasi Anda dan apakah Anda memahami apa yang perusahaan kami lakukan. Pastikan untuk melakukan riset sebelum interview dan menyebutkan alasan spesifik mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut.

Apa yang membuat Anda cocok untuk posisi ini?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Anda menjawab pertanyaan tentang diri Anda dan apakah Anda memahami apa yang diharapkan dari posisi tersebut. Pastikan untuk menyebutkan kelebihan yang relevan dan menunjukkan bagaimana Anda memenuhi kriteria yang dicari.

Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh Anda melakukan riset tentang perusahaan tersebut dan apakah Anda memahami visi dan misi perusahaan. Pastikan untuk melakukan riset sebelum interview dan menyebutkan beberapa fakta tentang perusahaan tersebut.

Apa yang membuat Anda terpikat pada pekerjaan ini?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui apa yang membuat Anda tertarik dengan posisi tersebut dan apakah Anda memahami tugas dan tanggung jawab yang akan Anda tangani. Pastikan untuk menyebutkan alasan spesifik mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan tersebut.

Apa harapan Anda terhadap pekerjaan ini?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah Anda memahami apa yang diharapkan dari posisi tersebut dan apakah Anda memiliki tujuan jangka panjang. Pastikan untuk menyebutkan harapan yang realistis dan sesuai dengan visi perusahaan.

Apa yang Anda sukai dan tidak sukai dari pekerjaan terakhir Anda?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Anda beradaptasi dengan lingkungan kerja sebelumnya dan bagaimana Anda mengelola tantangan yang mungkin Anda hadapi. Pastikan untuk menyebutkan hal-hal yang Anda sukai tentang pekerjaan terakhir Anda dan bagaimana hal tersebut memotivasi Anda, serta menyebutkan bagaimana Anda mengatasi hal-hal yang tidak Anda sukai.

Apa kelemahan Anda dan bagaimana Anda mengatasinya?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Anda mengevaluasi kelemahan diri sendiri dan bagaimana Anda mencoba untuk memperbaikinya. Pastikan untuk menyebutkan kelemahan yang realistis dan memberikan contoh bagaimana Anda mengatasinya.

Apa yang Anda harapkan gaji yang Anda inginkan?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah Anda memahami pasar gaji untuk posisi tersebut dan apakah Anda memiliki harapan yang realistis. Pastikan untuk melakukan riset tentang gaji yang tepat sebelum interview dan memberikan angka yang masuk akal.

Apa pertanyaan yang Anda punya untuk kami?

Pertanyaan ini biasanya diajukan pada akhir interview dan bertujuan untuk mengetahui apakah Anda memiliki pertanyaan tentang perusahaan atau posisi tersebut. Pastikan untuk mempersiapkan beberapa pertanyaan yang relevan dan menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut.