Menu Tutup

Daging Apa yang Mengandung Kolesterol Tinggi?

Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi, seperti membangun sel, membentuk hormon, dan membantu penyerapan vitamin. Namun, jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi, maka dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah adalah pola makan yang tidak sehat, terutama mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Salah satu jenis makanan yang sering dikaitkan dengan kolesterol tinggi adalah daging.

Daging merupakan sumber protein hewani yang baik untuk tubuh, tetapi juga mengandung lemak dan kolesterol yang bervariasi tergantung pada jenis, bagian, dan cara pengolahannya. Beberapa jenis daging memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang lebih tinggi daripada yang lain, sehingga harus dihindari atau dibatasi oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi.

Jenis Daging yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Berikut adalah beberapa jenis daging yang mengandung kolesterol tinggi, berdasarkan data dari USDA National Nutrient Database:

  • Daging merah. Daging merah dari sapi, domba, dan babi cenderung mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah, sedangkan kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah jika berlebihan. Dalam 100 gram daging sapi tanpa lemak, terdapat sekitar 89 mg kolesterol. Jumlah ini meningkat menjadi 105 mg jika daging sapi memiliki lemak sekitar 10%. Dalam 100 gram daging babi tanpa lemak, terdapat sekitar 62 mg kolesterol. Jumlah ini meningkat menjadi 86 mg jika daging babi memiliki lemak sekitar 10%. Dalam 100 gram daging domba tanpa lemak, terdapat sekitar 78 mg kolesterol. Jumlah ini meningkat menjadi 102 mg jika daging domba memiliki lemak sekitar 10%.
  • Hati sapi. Hati sapi adalah salah satu organ tubuh hewan yang banyak dikonsumsi oleh manusia. Hati sapi mengandung banyak nutrisi, seperti protein, zat besi, vitamin A, vitamin B12, dan folat. Namun, hati sapi juga merupakan sumber makanan pemicu kadar kolesterol tinggi. Dalam 100 gram hati sapi mentah, terdapat sekitar 396 mg kolesterol. Jumlah ini meningkat menjadi 564 mg jika hati sapi dimasak dengan cara digoreng.
  • Daging olahan. Daging olahan yang berbentuk sosis, kornet kaleng, bacon, hot dog, termasuk makanan tinggi kolesterol. Daging olahan sudah diproses sedemikian rupa sehingga kandungan kalori, lemak, garam, dan bahan pengawetnya jauh lebih tinggi daripada daging segar. Dalam 100 gram sosis sapi mentah, terdapat sekitar 85 mg kolesterol. Jumlah ini meningkat menjadi 109 mg jika sosis sapi dimasak dengan cara direbus. Dalam 100 gram bacon mentah, terdapat sekitar 111 mg kolesterol. Jumlah ini meningkat menjadi 185 mg jika bacon dimasak dengan cara digoreng.
  • Daging bebek. Daging bebek merupakan salah satu jenis unggas yang banyak disukai karena rasanya yang gurih dan lembut. Namun, daging bebek juga mengandung lemak dan kolesterol yang cukup tinggi, terutama pada bagian kulitnya. Dalam 100 gram daging bebek tanpa kulit mentah, terdapat sekitar 89 mg kolesterol. Jumlah ini meningkat menjadi 140 mg jika daging bebek tanpa kulit dimasak dengan cara dipanggang. Dalam 100 gram daging bebek dengan kulit mentah, terdapat sekitar 197 mg kolesterol. Jumlah ini meningkat menjadi 255 mg jika daging bebek dengan kulit dimasak dengan cara dipanggang.
  • Daging kambing. Daging kambing adalah salah satu jenis daging yang populer di Indonesia, terutama untuk diolah menjadi sate, gulai, atau tongseng. Daging kambing memiliki rasa yang khas dan tekstur yang kenyal. Namun, daging kambing juga termasuk dalam daftar makanan tinggi kolesterol. Dalam 100 gram daging kambing tanpa lemak mentah, terdapat sekitar 75 mg kolesterol. Jumlah ini meningkat menjadi 93 mg jika daging kambing tanpa lemak dimasak dengan cara direbus. Dalam 100 gram daging kambing dengan lemak mentah, terdapat sekitar 97 mg kolesterol. Jumlah ini meningkat menjadi 121 mg jika daging kambing dengan lemak dimasak dengan cara direbus.

Cara Mengurangi Kolesterol dari Daging

Meskipun beberapa jenis daging mengandung kolesterol tinggi, bukan berarti Anda harus menghindari mengonsumsi daging sama sekali. Daging masih bisa menjadi bagian dari pola makan sehat, asalkan Anda memilih jenis, bagian, dan cara pengolahan yang tepat. Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi kolesterol dari daging:

  • Pilih jenis daging yang lebih rendah lemak dan kolesterol, seperti daging ayam tanpa kulit, ikan, atau daging sapi bagian has dalam.
  • Potong atau buang lemak yang tampak pada daging sebelum memasaknya.
  • Hindari mengonsumsi organ tubuh hewan, seperti hati, ginjal, atau otak.
  • Hindari mengonsumsi daging olahan, seperti sosis, bacon, atau ham.
  • Masak daging dengan cara yang tidak menambah lemak dan kalori, seperti merebus, mengukus, memanggang, atau menumis dengan sedikit minyak.
  • Kurangi porsi konsumsi daging dalam satu kali makan. Sebagai acuan, porsi daging yang disarankan adalah seukuran telapak tangan Anda.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah sebagai sumber serat dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Sumber:
(1) 7 Jenis Daging Mengandung Kolesterol Tinggi,Sosis hingga Jeroan – SINDOnews. https://lifestyle.sindonews.com/read/1134139/155/7-jenis-daging-mengandung-kolesterol-tinggisosis-hingga-jeroan-1687406800.
(2) Mana Lebih Tinggi Kolesterol, Daging Sapi atau Kambing?. https://www.msn.com/id-id/berita/other/mana-lebih-tinggi-kolesterol-daging-sapi-atau-kambing/ar-AA1d9jT7.
(3) Bolehkah Penderita Kolesterol Tinggi Makan Daging? Simak Dulu Penjelasan dan Tips Ahli Gizi. https://jateng.tribunnews.com/2023/06/28/bolehkah-penderita-kolesterol-tinggi-makan-daging-simak-penjelasan-dan-tips-ahli-gizi-dulu.
(4) Penderita Kolesterol Tinggi Tak Boleh Makan Daging? Ini Kata Ahli Gizi. https://www.msn.com/id-id/berita/other/penderita-kolesterol-tinggi-tak-boleh-makan-daging-ini-kata-ahli-gizi/ar-AA1d8e3i.
(5) Kolesterol Tinggi, Bolehkah Makan Daging? – KlikDokter. https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/kolesterol-tinggi-bolehkah-makan-daging.
(6) Amankah Konsumsi Daging Sapi bagi Penderita Kolesterol Tinggi? • Hello …. https://hellosehat.com/jantung/kolesterol/daging-sapi-kolesterol-tinggi/.

Baca Juga: