Desain Organisasi dan Penerapannya

Ada empat faktor pokok struktur organisasi yang mempengaruhi rancang banggun struktur organisasi yaitu:

  1. Strategi atau rencana untuk mencpai tujuan perusahaan
  2. Teknologi yang digunakan untuk meleksanakan strategi
  3. Orang dipekerjakan pada semua tingkat dan fungsinya
  4. Ukuran organisasi secara keseluruhan

Strategi akan menentukan bagaimana jalanya wewenang dan komunikasi diatur diantara para manajer dan sub unit. Starategi mempengaruhi informasi yang mengalir disepanjang perajalan jalur tersebut, serta mekenisme perencanaan dan pengambilan keputusan.

Bentuk teknologi yang digunakan dalam organisasi juga akan mempengaruhi cara penagturan organisasi. Sebagai contoh: teknologi produksi massal dan isdustri mobil melibatkan kadar standarisasi dan spesialisasi aktivitas yang tinggi. Teknologi juga mempengaruhi mekanisme koordinasi, tingkat pengambilan keputusan dan ukuran unit—unit organisasi.

Baik ukuran organisasi secara menyeluruh maupun ukuran sub-sub unitnya mempengaruhi strukturnya. Organisasi yang lebih besar cendrung memiliki spesialisasi lebi besar dan lebih formal(standarisasi lebih besar).

Ditinjau dari unsur-unsur struktur organisasi, kita bisa menganalisis struktur organisasi dalam kaitanya dengan unsur-unsur struktur organisasi. Ada lima unsur struktur organisasi:

  1. Spesialisasi aktivitas
  2. Standarisasi aktivitas
  3. Koordinasi aktivitas
  4. Sentralisasi dan desentralisasi pengambilan keputusan
  5. Ukuran unit kerja

Spesialisasi aktivitas, mengacu (menyangkut) pada spesifikasi tugas-tugas perorangan dan kelompok kerja di seluruh orgnisasi (pembagian kerja) dan penyatuan tugas tersbut ke dalam unit kerja (departementasi).

Bagan organisasi sebagai perwujudan struktur organisasi, melukiskan tata pembagian dan  tata hubungan kerja formal antara unit-unit kerja dan antara pejabat-pejabat yang akan diserahi tanggung jawab atas penyelesaian tugas-tugas unit.

Dengan adanya bagan organisasi, orang dapat melihat lima aspek penting struktur organiasi sebagai berikut:

  1. Bagaimana tata-pembagian kerja formal antar unit-unit organisasi
  2. Bagaimana tata-hubungan kerja antara para manajer dengan pejabat-pejabat dibawahnya
  3. Apa macam-macam pekerjaan yang menjadi tanggung jawab setiap unit kerja
  4. Bagaimana departemensasi dilaksanakan pada organisasi tersebut
  5. Bagaiman jenjang jabatan secara keseluruhan dari jabatan tertiggi sampai yang terendah. [1]

Desain-desain organisasi manakah yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan seperti ford,toshiba,mari kita tijau berbagai desain organisasi yang mungkin sudah anda lihat dalam organisasi-organisasi sekarang.