Menu Tutup

Desember 2023: Musim Hujan di Indonesia

Musim hujan di Indonesia umumnya terjadi pada bulan Oktober hingga April. Hal ini disebabkan oleh adanya pergerakan angin muson barat yang membawa massa udara basah dari Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Angin muson barat ini mulai bertiup pada bulan Oktober dan mencapai puncaknya pada bulan Januari hingga Februari.

Pada bulan Desember 2023, sebagian besar wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan. Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sebanyak 477 Zona Musim (ZOM) di Indonesia atau 68,24% akan mengalami awal musim hujan pada bulan Oktober hingga Desember 2023.

Wilayah-wilayah yang telah memasuki awal musim hujan antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua.

Puncak musim hujan di Indonesia diprediksi terjadi pada bulan Januari hingga Februari 2024. Pada periode ini, intensitas hujan di Indonesia diprediksi akan meningkat. Hal ini dapat menyebabkan berbagai dampak, seperti banjir, longsor, dan kekeringan.

Untuk mengantisipasi dampak musim hujan, masyarakat diimbau untuk bersiap menghadapinya. Masyarakat dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Mempersiapkan perlengkapan hujan, seperti payung, jas hujan, dan sepatu bot.
  • Melakukan mitigasi bencana, seperti membersihkan saluran air dan membuat sumur resapan.
  • Memantau prakiraan cuaca dari BMKG secara berkala.

Kesimpulan

Bulan Desember 2023 merupakan musim hujan di Indonesia. Masyarakat diimbau untuk bersiap menghadapinya dengan mempersiapkan perlengkapan hujan dan melakukan mitigasi bencana.

Baca Juga: