Doa dan amalan sebelum tidur

Menjaga diri kita untuk tetap dalam keadaan wudhu.

Berwudhu sebelum tidur sangat dianjurkan oleh Rasulullah S.A.W kepada umat muslim. Kebiasaan seperti ini baik dilakukan untuk menjaga diri kita agar tetap dalam keadaan suci, meskipun anda sedang tidur. Dalam hadits Rasulullah Saw dijelaskan bahwa :

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710)

Menjaga kebersihan tempat tidur 

Kebersihan adalah sebahagian dari iman,untuk itu alangkah baiknya selalu menjaga kebersihan tempat tidur anda. Biasakan untuk membersihkan dan merapikannya sebelum ataupun sesudah anda tidur. Selain akan membuat bersih, tentunya akan mendatangkan pahala bagi anda.

Sebenarnya kebiasaan seperti ini mungkin sudah anda lakukan setiap hari. Namun anda melakukannya belum disertai niat untuk mengikuti amalan yang dicontohkan oleh Rasulullah S.A.W. Sehingga kebiasaan baik tersebut menjadi sia-sia dan tidak mendatangkan pahala.

Lain halnya setelah anda mengetahui amalan baik ini, pahala pun akan anda dapatkan sesuai yang saya jelaskan di atas. Berikut sabda Rasulullah Saw, penjelasannya sebagai berikut :

“Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya…” (HR. Bukhari dan Muslim)

Perbanyak membaca zikir sebelum tidur 

Membaca zikir sebelum tidur adalah perbuatan sunah yang selalu dilakukan dan diajarkan oleh Rasulullah S.A.W. Dengan berzikir hati akan menjadi lebih tenang. Zikir sebagai bekal dan amalan baik bagi anda, kerana kematian bila-bila masa akan mejemput entah esok atau lusa .

Seandainya kita meninggal dunia dalam keadaan sedang tidur, setidaknya kita memegang keyakinan atas agama Islam. Hal tersebut dijelaskan oleh Rasulullah dalam sabdanya berikut ini :

“Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepadaMu, aku menyerahkan urusanku kepadaMu, aku menghadapkan wajahku kepadaMu, aku menyandarkan punggungku kepadaMu, karena senang (mendapatkan rahmatMu) dan takut pada (siksaanMu, bila melakukan kesalahan). Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari (ancaman)Mu, kecuali kepadaMu. Aku beriman pada kitab yang telah Engkau turunkan, dan (kebenaran) NabiMu yang telah Engkau utus.” (HR. Al-Bukhari no. 6313 dan Muslim no. 2710.)

Bacaan zikir yang utama dianjurkan adalah membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas secara berurutan.Setelah membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas sebanyak satu kali, lalu jangan lupa tiupkan pada bahagian telapak tangan. Selanjutnya anda boleh menggunakan telapak tangan tersebut untuk mengusap (seperti dalam gerakan wudhu) pada bahagian seluruh tubuh mulai dari bahagian wajah, bahagian tangan, sampai bahagian kaki dan juga bahagian-bahagian lainnya yang mungkin anda boleh jangkau dengan mudah.