Haji kecil adalah nama lain dari?

Haji kecil adalah nama lain dari haji umrah, yang merupakan salah satu ritual ibadah yang diwajibkan bagi umat islam. Haji kecil merupakan salah satu ibadah yang dapat dilakukan setiap muslim ketika berada di tanah suci Makkah.

Haji kecil adalah ibadah yang lebih sederhana dibandingkan dengan haji biasa. Haji kecil terdiri dari tujuh rukun yang harus dipenuhi oleh pelaksana ibadah, yaitu: thawaf, sa’i, wukuf di Arafah, tahallul, dan qurban.

Thawaf adalah salah satu rukun utama dalam ibadah haji kecil. Thawaf adalah berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Sa’i adalah salah satu rukun ibadah yang diwajibkan setelah melakukan thawaf.

Sa’i adalah berlari mengelilingi bukit Shafa dan Marwa sebanyak tujuh kali. Wukuf di Arafah merupakan salah satu rukun ibadah yang diwajibkan dalam haji kecil. Wukuf di Arafah adalah berdiri di Padang Arafah sampai maghrib pada hari Wuquf (hari kedua di bulan Dzulhijjah).

Tahallul adalah salah satu rukun ibadah yang diwajibkan setelah melaksanakan ibadah haji. Tahallul adalah memotong rambut atau jenggot sebagai tanda menyelesaikan ibadah haji. Qurban adalah salah satu rukun ibadah yang diwajibkan dalam haji kecil. Qurban adalah menyembelih hewan yang telah ditentukan sebagai tanda menyelesaikan ibadah haji.

Haji kecil juga dikenal dengan haji umrah karena keduanya memiliki tujuh rukun yang sama. Namun, ada beberapa perbedaan antara haji kecil dan haji biasa. Perbedaan utama antara haji kecil dan haji biasa adalah bahwa haji kecil tidak mencakup wukuf di Mina dan pemanasan jumrah.

Haji kecil dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun, namun ada beberapa waktu yang paling dianjurkan bagi pelaksana ibadah haji kecil. Waktu yang paling dianjurkan adalah bulan Dzulhijjah, Muharram, dan Syawal. Haji kecil dapat dilakukan dalam waktu kurang dari satu minggu, jika dibandingkan dengan haji biasa yang memerlukan waktu kurang lebih satu bulan.

Haji kecil adalah salah satu ritual ibadah yang wajib diterima oleh setiap muslim yang mampu. Haji kecil adalah cara yang baik bagi para muslim untuk menghargai Allah dan meningkatkan kedekatan mereka dengan-Nya. Dengan melakukan haji kecil, para muslim dapat merasakan pengalaman spiritual dan meningkatkan keimanan mereka.