Humas: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Hakikat

Suatu proses komunikasi strategis, biasanya digunakan oleh perusahaan, individu hingga organisasi yang ditujukan untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan publik biasanya dikaitkan dengan apa itu humas. Secara sederhana, hubungan masyarakat adalah proses strategis dalam mengelola pelepasan dan penyebaran informasi terkait organisasi kepada publik.

Humas adalah singkatan dari hubungan masyarakat, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan public relation (PR). Dalam organisasi humas merupakan divisi yang bertanggung jawab guna melakukan interaksi, hubungan dan kerjasama dengan masyarakat terkait dengan organisasi tersebut.

Pengertian Humas

Secara bahasa, humas adalah proses komunikasi yang strategis digunakan oleh satu pihak bisa itu individu, perusahaan atau organisasi untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan masyarakat. Dalam perusahaan humas merupakan bagian dari organisasi yang bertanggung jawab dalam menyusun rencana komunikasi khusus dengan berbagai media untuk membangun citra.

Sederhananya hubungan masyarakat merupakan proses strategis dalam mengelola penyampaian dan penyebaran informasi terkait organisasi kepada masyarakat atau publik guna mempertahankan reputasi yang baik dari organisasi dan mereknya. Dalam pelaksanaannya, proses hubungan masyarakat berfokus pada beberapa hal seperti berikut.

  • Informasi apa yang harus dirilis.
  • Bagaimana informasi harus disusun.
  • Bagaimana informasi harus dirilis.
  • Media apa yang digunakan menyebarkan informasi.

Secara harfiah Humas berarti hubungan dengan publik atau masyarakat dan sama halnya dengan yang diungkapkan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Humas merupakan lembaga pemerintah atau swasta yang melakukan kegiatan mencari dukungan masyarakat terhadap berbagai usaha yang sedang ditekuni atau jalani.

Baca juga: Memahami Pengertian Public Speaking dan Tips Melakukannya

Pengertian Humas Menurut Para Ahli

 

  • J.C Seidel

J.C Seidel menyebutkan pengertian apa itu Humas adalah proses berkesinambungan dari usaha-usaha manajemen agar bisa mendapatkan itikad baik dan pengertian dari para pelanggan, karyawan hingga publik secara umum.

  • Howard Bonham

Pengertian Humas menurut Howard Bonham adalah suatu seni dalam menciptakan pengertian publik yang lebih baik guna meningkatkan pengertian publik yang lebih untuk meningkatkan kepercayaan publik atau pemberdayaan lebih tinggi terhadap sebuah lembaga atau organisasi.

  • International Public Relations Association (IPRA)

IPRA menyebutkan bahwa Humas adalah sebuah fungsi manajemen yang sudah dimiliki perencanaan yang matang hingga berkelanjutan di dalam suatu organisasi induk atau lembaga swasta yang tujuannya untuk mendapatkan pengertian, simpati dan dukungan dari berbagai macam pihak terkait.