IAI Annur Bahas Moderasi Pendidikan Islam

57
IAI Annur menggelar konfrensi nasional membahas Moderasi Pendidikan Islam di kampus setempat

Jati Agung – Institut Agama Islam (IAI) Annur Lampung membahas moderasi pendidikan Islam dalam acara yang dikemas dalam konferensi nasional  di Kampus IAI Annur, Jati Agung, Lamsel, Minggu, 26 September 2021.

Kegiatan menghadirkan pembicara antara lain, Kasubdit Ketenagaan Direktorat PTKI Kemenag RI Mamat Salamet Buranudin, dua guru besar UIN Raden Intan Lampung masing-masing Prof. Achmad Asrori dan Prof. Sulthan Syahril.

“Konferensi nasional ini wujud dari kepedulian IAI Annur serta tridarma perguruan tinggi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Rektor IAI Annur, Andi Warisno, Sabtu,  25 September 2021.

Pokok-pokok pikiran dari konferensi tersebut menjadi bahan masukan untuk bidang pendidikan islam terutama lembaga pendidikan di bawah naungan Kemenag.

Prof. Asrori dalam makalahnya membahas tiga dimensi vital yakni konsep moderasi dalam perspektif pendidikan islam kekinian, historitas nilai-nilai moderasi dari timur hingga barat, serta eksistensi IAI Annur potret lembaga moderasi keilmuan.

Sedangkan Prof. Sulthan membahas moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan agama islam (PAI). Moderasi Islam merupakan sikap jalan tengah antara penggunaan wahyu dan rasio, sehingga dimungkinkan dapat terjadi penyesuaian terhadap perubahan di masyarakat.

Menurut Andi, moderasi pendidikan islam sebuah keniscayaan membuat anak-anak bangsa cerdas dan beriman, sehingga tidak tergoyahkan di tengah pesatnya dunia digital di era globalisasi ini. (Doc. Lampost.co)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here