Isi Kandungan Al-Qur’an

Menurut pendapat beberapa ulama isi kandungan Al-Qur’an itu antara lain :

  1. Petunjuk mengenai aqidah, yang mewajibkan beriman kepada Allah, Malaikat-malaikat, Kitab-kitab, Rasul-rasul, dan Hari Kiamat, serta Qadha dan Qadar. Hal ini merupakan garis pembeda antara Iman dan Kafir.
  2. Petunjuk mengenai syari’ah, yaitu jalan yang harus diikuti manusia dalam berhubungan dengan Allah dan dengan sesama insan demi kebahagiaan hidup manusia didunia ini dan diakhirat kelak.
  3. Petunjuk tentang akhlak, mengenai yang baik dan buruk yang harus diindahkan oleh manusia dalam kehidupan individual maupun kehidupan sosial.
  4. Kisah-kisah umat manusia dizaman lampau, seperti riwayat dan cerita para pendusta ajaran Allah seperti Fir’aun, Namrud, Qorun dan sebagainya.
  5. Berita-berita tentang zaman yang akan datang. Tentang ini akan dikaji kehidupan akhir manusia yang disebut kehidupan akhirat.
  6. Benih dan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan.
  7. Hukum yang berlaku bagi alam semesta. Dalam butir satu dan tujuh dimuka, sudah disebutkan sifat sunnatullah yang berlaku di alam semesta, antara lain (1) pasti, (2) tetap, dan (3) objektif.

Menurut S.H Nasr, sebagai pedoman abadi Al-Qur’an mempunyai tiga jenis petunjuk bagi manusia.

  1. Ajaran tentang susunan alam semesta dan posisi manusia didalamnya.
  2. Al-Qur’an berisi ringkasan sejarah manusia, rakyat biasa, raja-raja, orang-orang suci, para nabi sepanjang zaman dan segala cobaan yang menimpa mereka.
  3. Al-Qur’an berisi sesuatu yang sulit dijelaskan dalam bahasa modern.