Menu Tutup

Jalur Zonasi : Pengertian, Aturan, Prioritas dan Contohnya

Jalur zonasi adalah salah satu jalur pendaftaran yang ditujukan bagi calon peserta didik baru (CPDB) yang berdomisili sesuai wilayah zonasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah. Jalur zonasi bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada CPDB untuk bersekolah di tempat yang dekat dengan rumah mereka, serta untuk mendorong peran komunitas dalam penyelenggaraan pendidikan.

Aturan Jalur Zonasi

Aturan jalur zonasi diatur dalam Permendikbud No 1 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan PPDB pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Berdasarkan aturan tersebut, jalur zonasi memiliki proporsi kuota peserta didik yang paling besar dibandingkan dengan jalur lainnya, yaitu:

  • Jalur zonasi SD paling sedikit 70 persen dari daya tampung sekolah.
  • Jalur zonasi SMP paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah.
  • Jalur zonasi SMA paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah.

Domisili CPDB ditentukan berdasarkan alamat dalam kartu keluarga (KK) yang diterbitkan paling singkat satu tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB. Jika CPDB tidak memiliki KK karena keadaan tertentu seperti bencana alam atau sosial, maka dapat menggunakan surat keterangan domisili yang dilegalisir oleh pejabat setempat.

Prioritas Seleksi Jalur Zonasi

Jika jumlah CPDB yang mendaftar melalui jalur zonasi melebihi daya tampung sekolah, maka dilakukan seleksi dengan urutan langkah sebagai berikut:

  • Zonasi: CPDB yang tinggal di satu RT atau kelurahan dengan sekolah memiliki prioritas lebih tinggi daripada yang tinggal di luar RT atau kelurahan tersebut.
  • Usia: CPDB yang lebih tua memiliki prioritas lebih tinggi daripada yang lebih muda.
  • Urutan pilihan sekolah: CPDB yang memilih sekolah sebagai pilihan pertama memiliki prioritas lebih tinggi daripada yang memilih sebagai pilihan kedua atau ketiga.
  • Waktu mendaftar: CPDB yang mendaftar lebih awal memiliki prioritas lebih tinggi daripada yang mendaftar lebih belakangan.

Contoh PPDB Jalur Zonasi

Berikut adalah beberapa contoh PPDB jalur zonasi di beberapa daerah di Indonesia:

  • PPDB Jakarta 2023: Jalur zonasi memberikan prioritas kepada CPDB yang tinggal di satu RT maupun satu kelurahan dengan sekolah tersebut. Jika kuota jalur zonasi SD tidak terpenuhi, maka dapat diberikan kepada CPDB dari luar wilayah DKI Jakarta1.
  • PPDB NTT 2023: Jalur zonasi diperuntukkan bagi CPDB yang telah tinggal dalam satu zona selama minimal 6 bulan. Kuota jalur zonasi adalah paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah. CPDB dapat mendaftar secara offline dan online melalui laman ntt.siap-ppdb.com2.
  • PPDB Bengkulu 2023: Jalur zonasi diperuntukkan bagi CPDB yang berdomisili sesuai dengan wilayah administratif kecamatan tempat sekolah berada. Jika tidak lulus jalur zonasi SMA, maka CPDB dapat mengikuti jalur perpindahan tugas orang tua atau jalur prestasi3.

Kesimpulan

Jalur zonasi adalah jalur pendaftaran PPDB yang berdasarkan domisili CPDB sesuai wilayah zonasi yang ditetapkan oleh pemerintah daerah. Jalur ini memiliki kuota terbesar dan bertujuan untuk mendekatkan CPDB dengan sekolah serta meningkatkan peran komunitas dalam pendidikan. Seleksi jalur zonasi dilakukan berdasarkan kriteria zonasi, usia, urutan pilihan sekolah, dan waktu mendaftar. Setiap daerah memiliki aturan dan mekanisme PPDB jalur zonasi yang mungkin berbeda-beda.

Sumber:
(1) PPDB Jakarta 2023 Jalur Zonasi, Simak Ketentuan Jarak Rumah ke Sekolah. https://www.kompas.com/edu/read/2023/06/13/121817271/ppdb-jakarta-2023-jalur-zonasi-simak-ketentuan-jarak-rumah-ke-sekolah.
(2) Pendaftaran PPDB NTT 2023 Jenjang SMA Tahap II Jalur Zonasi: Syarat, Cara Daftar, dan Jadwal. https://www.tribunnews.com/pendidikan/2023/07/06/pendaftaran-ppdb-ntt-2023-jenjang-sma-tahap-ii-jalur-zonasi-syarat-cara-daftar-dan-jadwal.
(3) Tak Lulus PPDB SMA Jalur Zonasi di Bengkulu, Calon Siswa Bisa Tempuh Langkah Ini. https://www.msn.com/id-id/news/other/tak-lulus-ppdb-sma-jalur-zonasi-di-bengkulu-calon-siswa-bisa-tempuh-langkah-ini/ar-AA1duW7t.
(4) PPDB 2022 Jalur Zonasi, Seberapa Penting Jarak dari Rumah ke Sekolah?. https://regional.kompas.com/read/2022/06/02/121533678/ppdb-2022-jalur-zonasi-seberapa-penting-jarak-dari-rumah-ke-sekolah.
(5) Kuota Terisi Jalur Zonasi Dalam PPDB SMPN di Pekanbaru Bertambah. https://pekanbaru.tribunnews.com/2023/07/06/kuota-terisi-jalur-zonasi-dalam-ppdb-smpn-di-pekanbaru-bertambah.
(6) PPDB 2021: Ini Aturan Jalur Zonasi Versi Permendikbud – Kompas.com. https://www.kompas.com/edu/read/2021/05/22/084502271/ppdb-2021-ini-aturan-jalur-zonasi-versi-permendikbud.

Baca Juga: